Published On: Sen, Agu 15th, 2016

14 Gejala Kanker Paling Diabaikan

Kanker yang mengancam nyawa dapat bermula dari gejala-gejala biasa yang bersifat umum. Mendeteksinya lebih awal dapat meningkatkan efektivitas penanganan potensi kanker.

Cara terbaik menangani kanker adalah mendeteksi gejala paling awal yang telah atau mungkin berkembang di dalam tubuh. Meskipun sebagian besar gejala ini dapat bersifat sangat umum, tapi memeriksakannya lebih awal dapat membuat perbedaan besar. Luangkanlah waktu untuk memeriksa apa pun gejala-gejala yang ada.

Dilansir dari womansday, Minggu (14/8/2016), berikut adalah 14 tanda yang bisa merupakan gejala kanker, yang kerapkali kita abaikan:

 

1. Mulas

Mulas yang terus-menerus atau sakit di bagian dada agak ke bawah setelah makan, bisa berarti merupakan adanya gejala kanker esofagus. Lebih baik jika Anda merasakannya, kunjungi dokter Anda untuk melakukan tes skrining.

 

2. Perubahan puting susu

Salah satu perubahan yang umum yang sering disadari oleh wanita sebelum didiagnosis mengidap kanker payudara, adalah puting susu yang mulai terlihat rata, masuk, atau menghadap ke samping.

 

3. Kesulitan kencing

Pada pria, tanda awal yang paling umum dari kanker prostat adalah perasaan sulit untuk mengeluarkan urin, padahal Anda sudah ingin kencing. Selain itu, banyak pria juga melaporkan memiliki waktu yang sulit untuk memberhentikan aliran urin.

 

4. Menstruasi yang sakit

Banyak wanita yang melaporkan mengalami menstruasi yang berat atau sakit. hal ini bisa menjadi tanda dari gejala endometrium atau kanker uterus.

 

5. Nyeri payudara

Pada wanita, payudara yang terlihat merah, keunguan serta terasa panas, bengkak, atau iritasi bisa menjadi gejala kanker peradangan payudara.

 

6. Masalah menelan

Sulit menelan secara umum diasosiasikan dengan esofagus atau kanker leher, namun juga bisa menjadi tanda pertama dari kanker paru-paru. Selain itu, suara serak atau merasa ada sesuatu yang menekan tenggorokan juga bisa menjadi tanda awal kanker tiroid.

 

7. Pembengkakan buah zakar

Benjolan yang mengarah pada kanker buah zakar, biasanya hampir tidak selalu menyakitkan. Selain itu, sangat umum buah zakar membesar atau membengkak tanpa benjolan tertentu sebagai tandanya.

 

8. Sakit perut

Sakit perut yang terus menerus bisa menjadi tanda tumor hati atau kanker colorecteral, yaitu kanker yang berkembang dari sel-sel usus besar.

 

9. Berat badan turun tanpa alasan yang jelas

Jika berat badan Anda turun padahal tidak melakukan perubahan dalam diet atau latihan, hal ini bisa menjadi tanda kanker usus besar atau masalah kanker pencernaan lainnya.

 

10. Sulit bernapas

Salah satu tanda pertama kanker paru-paru yang diingat oleh para pasien yang mengidapnya adalah kesulitan mengambil napas. Namun kanker tiroid juga bisa menyebabkannya.

 

11. Masalah usus

Sembelit, diare, dan perubahan pada organ pembuangan, bisa menjadi tanda adanya kanker. Kuncinya, jika hal tersebut tidak kunjung hilang atau reda selama lebih dari beberapa hari tanpa penyebab yang jelas, mungkin bisa merupakan tanda kanker.

 

12. Masalah ereksi

Saat kanker prostat berkembang, tanda umum lainnya ialah pria menjadi sulit untuk mempertahankan ereksinya.

 

13. Demam

Temperatur tubuh yang secara terus-menerus tinggi bisa menjadi tanda leukimia, yang menyebabkan tulang menyempit untuk memproduksi sel-sel darah putih yang abnormal dan melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

 

14. Kuku

Kuku yang kecoklatan atau memiliki garis hitam atau titik di bawah kuku, dapat menjadi tanda kanker kulit, sedangkan ujung kuku yang melengkung juga dapat menjadi tanda kanker paru-paru. Kuku yang pucat juga bisa menjadi tanda bahwa hati tidak berfungsi dengan baik.