3 Akibat Tubuh Kekurangan Vitamin K

d

Jalaon.com – Tubuh manusia mutlak memerlukan asupan gizi dan vitamin, salah satunya vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh adalah vitamin K yang berperan untuk larut kedalam lemak tubuh.

Fungsi dari vitamin K ini adalah untuk mengontrol pembekuan darah, mencegah osteoporosis, meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang dan gigi. Terlebih lagi bagi ibu hamil dan menyusui sangat memerlukan asupan vitamin K yang cukup untuk memperkuat janin bayi dan melancarkan produksi ASI.

Pada dasarnya, seseorang sangat sedikit sekali kemungkinan untuk kekurangan asupan vitamin K selama masih mengkonsumsi sayuran dan buah – buahan atau susu. Namun hal ini tidak dapat diremehkan, karena apabila tubuh kekurangan vitamin K, maka dampaknya akan sangat membahayakan kesehatan.

Seperti yang dilansir dari Health Site, Senin (13/3/2017) berikut inilah beberapa akibat dari kekurangan vitamin K.

 

1. Pendarahan

Jika pada tubuh Anda mengalami pendarahan yang tidak normal, hal tersebut dapat diindikasikan bahwa Anda sedang kekurangan vitamin K. Pendarahan biasanya terjadi pada hidung ataupun gusi. Selain itu, jika kekurangan vitamin K cukup parah, biasanya dapat dilihat dari urine yang bercampur darah.

 

2. Kepadatan tulang berkurang

Vitamin K merupakan salah satu vitamin yang sangat membantu tubuh untuk dapat menyerap kalsium. Karena apabila kalsium tidak terserap oleh tubuh maka akan menyebabkan tulang tidak dapat berkembang secara baik. Untuk itu kita harus selalu mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung Vitamin K.

 

3. Usus bermasalah

Apabila tubuh kekurangan vitaminn K dalam jumlah yang besar, maka dapat menyebabkan gangguan di usus seperti cystic fibrosis, malabsorpsi, reseksi usus kecil ataupun obstruksi billier.

Oleh karena itu untuk menghindari gangguan kesehatan yang cukup serius, anda dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin K, seperti yang terdapat dalam asparagus, minyak ikan, mentimum, rempah-rempah, daun bawang, kubis, kol, brokoli, tomat, selada, kacang polong dan juga seledri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here