Published On: Ming, Agu 7th, 2016

4 Kesalahan Memilih Makanan

 

Begitu banyak kalangan masyarakat yang masih awam dalam membedakan makanan yang sehat dan tidak, begitu juga banyak produk makanan yang dikiranya sehat, dijadikan pilihan untuk menu makanan sehat. Anda perlu mengetahui hal ini, agar anda cerdas dan tidak salah dalam memilih makanan.

Berikut ini kenyataan yang kita lakukan sehari-hari dan tips dari para ahli soal bagaimana memilih makanan yang lebih sehat, dilansir dari laman Prevention, Jumat (16/10/2015):

 

Air minum kemasan bervitamin

Ini adalah kesalahan yang sering kita lakukan karena percaya diri membeli air kemasan yang memiliki nutrisi tambahan. Padahal, air kemasan tersebut membuat Anda menyimpan kalori yang tak perlu.

Sebaiknya Anda tetap minum air putih, bebas kalori, tanpa campuran vitamin apapun ketika haus. Namun, Anda harus memastikan telah mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, dan biji-bijian yang seimbang.

 

Memilih roti gandum dan sereal

Seringkali kita mengira makanan berlabel 7-grain atau tujuh butir memang tampak paling menyehatkan karena kaya akan biji-bijian. Para ahli memang menemukan kalau wanita yang mengkonsumsi banyak makanan gandum memiliki risiko 33 persen lebih rendah terkena kanker usus besar daripada wanita yang jarang mengonsumsinya.

Tapi bagaimana kalau biji-bijian utuh kaya serat dan nutrisi-termasuk vitamin E, vitamin B, dan magnesium menjadi satu sebagai tepung? Label makanan sehat tersebut perlu dipertimbangkan.

Untuk memeriksa apakah Anda mendapatkan biji-bijian yang diinginkan, anda bisa periksa terlebih dahulu komposisi bahan. Kalau gandum terletak diurutan kedua, berarti minimal Anda hanya dapat 1 persen gandum.

 

Keripik Sayur

Banyak orang mengira bahwa mengkonsumsi camilan kripik sayur itu lebih sehat daripada keripik yang lainnya, padahal belum tentu benar. Banyak dari makanan ringan yang tampaknya sehat masih sarat dengan kalori.

Sebuah keripik wortel Hain Carrot Chips mengandung 600 kalori, hampir sama banyak dengan keripik kentang Lay klasik. Bila ingin sehat, iris sendiri wortel, bengkuang, lobak atau paprika yang diasinkan, lalu panggang dan hasilnya simpan ke dalam lemari es.

 

Produk rendah sodium

Begitu banyak orang yang menghindari makanan yang banyak mengandung garam, karena dapat meningkatan resiko tekanan darah tinggi. Namun, makanan olahan sering luput dari perhatian kita kalau memiliki kandungan sodium tersembunyi.

Berhati-hatilah terhadap produk berlabel less sodium. Seharusnya kita memakan produk yang memiliki tingkat sodium kurang dari 25 persen dari bahan utamanya. Carilah produk yang ditandai low in sodium.

Itulah kebiasaan – kebiasaan banyak orang yang salah dalam memilih makanan yang benar – benar sehat.