Published On: Sen, Agu 8th, 2016

4 Makanan Sehat yang Dapat Menyiksa Usus

 

Dalam melakukan aktivitas, tubuh tentu membutuhkan energi dan energi itu berasal dari makanan. Makanan yang sehat pasti akan mudah diserap oleh tubuh dan pencernaan pun akan lancar, dan tubuh menjadi sehat. Namun, tak selamanya makanan sehat itu selalu baik untuk tubuh.

Seperti yang dikatakan oleh Jen Marshall seorang terapis gizi di Boulder, Colorado berpendapat “Perlu untuk menyadari bahwa sejumlah makanan sehat pun dapat menyebabkan beberapa masalah pada tubuh,” ujarnya kepada Prevention, Sabtu (23/01/2016).

Sebab, ada beberapa makanan sehat yang justru dapat menyiksa usus kita. Apa sajakah makanan itu? berikut ini adalah 4 makanan sehat yang dapat membahayakan usus

 

1. Gandum

Tepung gandum ternyata masih dapat menyebabkan permasalahan usus hingga perncernaan. “Semua jenis tepung bahkan gandum, masih memiliki serat yang kurang cukup untuk menjaga kestabilan gula darah,” ujar Jen Marshall.

Jen Marshall merekomendasikan untuk mengganti konsumsi gandum dengan biji-bijian, seperti beras, quinoa, atau millet daripada jenis makanan yang terbuat dari tepung.

 

2. Brokoli, Kembang Kol, dan Kubis

Sayuran yang mengandung pati, seperti brokoli, kembang kol, dan kubis ini dapat menarik air ke dalam saluran usus sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri perut, kembung, atau bahkan diare.

“Pati mampu menarik air ke dalam saluran usus sehingga sebagian orang dapat merasakan nyeri perut, kembung, juga diare,” jelas Marshall. Sebaiknya mengganti sayuran ini dengan paprika, tomat, dan wortel.

 

3. Makanan yang difermentasi

Makanan yang difermentasi, seperti asinan, acar, dan kimchi ternyata mengandung histamine atau senyawa amina nabati yang dapat menyebabkan masalah kesehatan pada tubuh. Bahkan, kandungan histamine tersebut dapat menyebabkan reaksi alergi, sakit perut, mulas, kembung, dan diare. Bukan berarti anda tak boleh mengkonsumsinya, boleh saja asal dalam takaran normal dan tak berlebihan.

 

4. Bawang Putih dan Bawang Bombay

Tahukah anda bahwa potongan bawang putih maupun bawang bombay mengandung senyawa sulfur, yang mendukung proses detoksifikasi alami tubuh.

Jen Marshall mengatakan beberapa orang memiliki metabolisme yang buruk terhadap senyawa sulfur ini. ” Akibat memakan bawang beberapa orang bisa merasakan ketidaknyamanan pada perutnya, juga menghasilkan gas yang berbau tak sedap,” ujarnya.

Jika anda memiliki pencernaan yang lancar dan normal, sebaiknya anda mengurangi untuk mengkonsumsi makanan – makanan diatas.