4 Pemanis Buatan Berbahaya Tak Layak Dikonsumsi

pemanis buatan
Inilah 4 pemanis buatan berbahaya bagi tubuh

Jalaon.com – Suka beli makanan dan minuman manis? Hati-hati beberapa produsen sengaja menyertakan pemanis buatan sebagai pengganti gula sekaligus memperkuat rasa. Meski terbilang aman jika dikonsumsi sewajarnya, tetapi efek negatif seperti batuk dan tenggorokan gatal justru dirasakan beberapa orang dalam waktu singkat.

Asupan gula berlebihan sangat mengancam kesehatan tubuh, malah dokter menyarankan penggunaan pemanis alami seperti madu atau stevia ke dalam makanan dan minuman. Lantas, bagaimana dengan pemanis buatan? Segala sesuatu yang tidak alami berpotensi merusak sejumlah organ tubuh seperti mata, otak, ginjal atau liver.

Dilansir dari laman Inquisitr, Selasa (23/08/2016), hindari penggunaan atau konsumsi 4 pemanis buatan berikut ini!

Sakarin

Meski sudah lama diklaim punya efek samping yang menyebabkan kanker, sakarin masih terus digunakan sampai detik ini. Anehnya masyarakat tanpa ragu mengkonsumsi makanan dan minuman dengan pemanis buatan tersebut. Rendahnya tingkat kesadaran membuat mereka kurang memahami dampak buruknya. Beberapa produsen masih memakainya, bahkan untuk produk berlabel diet sekalipun.

Aspartam

Pemanis buatan seperti aspartam seringkali dituangkan ke secangkir teh dan kopi serta kaleng minuman soda versi diet. Dijual secara bebas dalam kemasan merek tertentu sukses mengecoh konsumen yang tidak mengetahui dampak buruknya. Selain menyimpan potensi kanker, sejumlah hasil studi menyebut aspartam mengakibatkan penurunan daya ingat hingga terkena Alzheimer’s.

Splenda

Bukankah splenda termasuk pemanis alami? Ya, itu berasal gula dan secara teknik memang alami, tetapi sejumlah hasil studi mengkaitkannya sebagai penyebab leukemia. Splenda justru menghasilkan senyawa racun jika dipanaskan. Memang alami, sayangnya malah berasal dari sesuatu yang buruk (gula) kemudian diproses untuk memasak justru bertambah parah.

Acesulfame K

Namanya mungkin tidak sepopuler sakarin atau aspartam, namun seringkali dipakai memberi rasa manis pada permen karet, permen dan minuman beralkohol. Lalu, bagaimana efek sampingnya bagi tubuh? Acesulfame K seringkali dihubungkan dengan sejumlah penyakit berbahaya seperti kerusakan penglihatan, autis, kanker, disfungsi liver dan ginjal. Jangan pernah membiarkan anak-anak mengkonsumsinya karena dampak buruk bisa dirasakan dalam jangka panjang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here