Published On: Rab, Agu 24th, 2016

4 Pilihan Warna Cat Terburuk yang Bisa Turunkan Harga Rumah

Salah satu untuk menjadikan tampilan rumah menjadi indah adalah dengan mengecat rumah dengan warna yang menyenangkan. Namun berhati – hatilah ketika memilih warna cat rumah anda, terlebih lagi jika anda berniat untuk menjual rumah anda. Karena ada beberapa warna cat yang mamu menurunkan harga rumah saat dijual.

Menurut Home Advisor, warna cat rumah eksterior mempengaruhi harga jual rumah. Dikutip dari National Home Color Survey 2013, kombinasi warna cat rumah favorit antara lain warna putih dan abu-abu, beige (antara abu-abu dan cokelat) dan abu-abu tua, serta abu-abu dan hitam.

Warna-warna netral juga bagus untuk tampilan interior rumah. Warna cat rumah terbaik untuk interior pada era 2016 adalah putih dan warna hijau natural. Warna-warna ini juga dikatakan dapat meningkatkan harga jual rumah.

Sementara abu-abu dan kuning merupakan warna cat populer bagi calon pembeli. Berikut inilah informasi warna cat rumah yang harus anda hindari.

 

1. Putih gading

Warna ini mungkin terkesan aman dan netral, tetapi nyatanya rumah yang dicat dengan warna ini justru terjual lebih murah daripada yang seharusnya. Warna kuning justru membuat harga rumah makin meningkat. Jika Anda memang menginginkan warna ini, disarankan untuk mengkombinasikan dengan warna lain yang lebih atraktif.

 

2. Abu-abu dan Beige

Kedua warna berada di urutan kedua daftar kami karena sama-sama menimbulkan atmosfer yang jenuh, membosankan, dan suram. Meskipun kedua warna ini cukup mewakili netralitas yang diinginkan calon pembeli. Pada banyak kasus, kedua warna ini diaplikasikan terlalu sering sehingga melunturkan karakteristik rumah itu sendiri.

 

3. Merah, Emas, dan Hijau

Kombinasi ketiga warna ini adalah yang paling dibenci para calon pembeli rumah, kecuali memang ingin rumah Anda terlihat seperti hiasan Natal. Para pakar dekorasi interior mengatakan bahwa kombinasi ketiga warna ini dengan porsi yang sama bisa berujung pada kemungkinan terburuk, yaitu calon pembeli segera mengalihkan pembicaraan dan pamit tanpa kembali lagi.

Jika Anda ingin mengaplikasikan tiga warna dengan porsi yang sama (trifecta), mempertimbangkan untuk menggunakan dua warna utama, baru kemudian menambahkan warna aksen yang senada dengan salah satu wana sebelumnya. Intinya, pastikan warna tersebut bukan kombinasi merah, emas dan hijau.

 

4. Cokelat tua

Warna cokelat tua sangat kurang menarik minat calon pembeli rumah. Harga rumah akan menukik tajam bila Anda mengecat rumah dengan warna ini. Apalagi jika Anda menggunakannya pada kamar mandi, karena terkesan gelap dan suram.