4 Prinsip Dasar Meraup Untung Dari Saham ala Warren Buffett

4 prinsip bermain saham ala Warren Buffett

Jalaon.com – Punya banyak uang terasa percuma jika kurang optimal mengelolanya. Menabung bukan satu-satunya cara cepat jadi orang kaya. Justru paling direkomendasikan menginvestasi uang dalam bentuk saham. Bermain saham itu susah-susah gampang, tapi banyak orang meraih sukses dalam bidang ini karena patuh mengikuti prinsip dasar dari sang legenda, Warren Buffett.

Bicara soal saham memang tak bisa lepas dari sosok pria berkebangsaan Amerika Serikat itu. Dia banyak makan asam garam dalam bidang ini, bahkan rela membagi resep suksesnya kepada orang lain. Ada empat prinsip dasar ala Buffett untuk memenangi dunia saham dilansir dari laman investopedia, Sabtu (20/08/2016).

1. Pemahaman sektor industri

Jangan nekat menginvetasikan uang ke sektor industri yang kurang dipahami. Pada umumnya semua orang tak punya kemampuan menjadi ahli untuk lebih dari satu sektor. Investasikan uang ke sektor yang paling dikenali dan dipahami. Dengan memahami prinsip pertama ini, maka terasa gampang mengikuti prinsip berikutnya.

2. Cari perusahaan bersaing jangka panjang

Bingung cari perusahaan untuk menginvestasikan uang? Cari perusahaan yang mampu bersaing jangka panjang. Warren Buffett punya beberapa kriteria yang wajib diikuti.

a. Merek dapat dikenal.
b. Memproduksi barang/jasa lebih murah dibanding pesaing lain.
c. Menjual barang/jasa lebih murah dibanding pesaing lain.
d. Dapat berkembang dengan biaya murah dibanding pesaing lain.
e. Memiliki “penghalang” untuk menyulitkan langkah pesaing atau saingan baru.
f. Situasi duopoli dimana sebuah industri didominasi dua perusahaan.

3. Cari perusahaan dengan manajemen bagus

Bukan hal mudah mencari perusahaan yang mengusung sistem manajemen bagus. Buffet punya tiga kriteria untuk mengetahuinya:

a. Cek catatan sejarah pihak manajemen dalam mengambil keputusan.
b. Pastikan manajemen sangat ramah terhadap pemegang saham.
c. Memahami bagaimana manajemen diberi imbalan.

4. Beli saham saat harga bagus

Ketahui harga saham saat kondisi normal, lalu beli saat harga turun. Jika sebuah perusahaan sudah penuhi tiga prinsip sebelumnya namun harga cenderung tidak turun, maka perlu bersabar menanti momen itu. Tunggu sampai harganya turun, kemudian segera beli. Biasanya itu punya nilai istimewa, bahkan harga cenderung kembali normal dan naik berlipat ganda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here