5 Fakta Mengejutkan Mengenai Nasi

Jalaon.com – Nasi merupakan makanan utama bagi orang Indonesia. Namun, Banyak orang yang belum mengetahui fakta mengejutkan tentang nasi ini. Apakah kamu bahwa nasi bisa saja jadi makanan yang beracun dan bisa membahayakan tubuh.

Berikut ini adalah fakta tentang nasi yang tidak diketahui banyak orang.

  1. Nasi membuat cepat lapar

Nasi memiliki kadar Glycemic Indeks yang tinggi. Saat kita mengonsumsi nasi, maka kadar gula darah dalam tubuh meningkat. Namun, peningkatan tersebut akan cepat mengalami penurunan yang membuat tubuh akan mendeteksi bahwa tubuh kekurangan energi dan butuh makan.

2. Kurang vitamin dan serat

Kalau kamu mengonsumsi nasi yang berlebih, bisa membuat kamu kekurangan vitamin dan protein karen tubuh lebih memiliki karbohidrat. Padahal yaang kita tahu kebutuhan akan vitamin dan serat dapat dipenuhi dengan mengonsumsi buah dan sayur. Makanlah dengan porsi nasi yang sedikit dengan ikan dan daging yang cukup agar kebutuhan protein tercukupi.

3. Kegemukan

Mengonsumsi nasi yang mengandung gula secara berlebihan tentunya akan membuat kamu menumpuk karbohidrat yang akhirnya membuat tubuh menjadi gemuk. Ingat, tubuh membutuhkan vitamin dans erat yang seimbang.

4. Konstipasi

Saat makan nasi berlebihan, kamu hanya akan menumpuk karbohidrat. Kebutuhan serat pun tidak terpenuhi, yang akhirnya membuat kamu sulit untuk BAB. Sebanyak apa pun nasi yang kamu makan, pastikan kamu juga mengonsumsiserat yang cukup.

5. Nasi jadi racun

Dr Andry Hartono, SpGK menyarankan sebaiknya kita mengeluarkan nasi setelah 12 jam berada di dalam rice cooker. Nasi yang dihangatkan terus menerus akan membentuk superoksidasi yang menghasilkan radikal bebas.