5 Jenis Makanan Berlemak yang Tak Selalu Buruk Bagi Tubuh

 

Mengetahui berbagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh lemak seperti kolesterol, jantung, dan obesitas membuat kebanyakan orang menilai buruk lemak secara umum. Padahal, tidak sepenuhnya lemak berdampak negatif bagi kesehatan, bila dikonsumsi secara seimbang dan sumbernya menyehatkan.

 

Lemak dibutuhkan tubuh sebanyak 20% sampai 30% dari jumlah makanan keseluruhan yang kita konsumsi, tentu jumlah yang lumayan banyak. Sumber lemak sendiri digolongkan menjadi 2 yakni: sumber hewani (lemak yang berasal dari hewan) dan sumber nabati (lemak yang berasal dari tumbuhan atau tanaman).

 

Sebenarnya, tak semua jenis lemak mendatangkan kerugian bagi Anda, lho. Seorang Ahli Gizi terkemuka di Inggris saja menyebut kalau Anda tidak memasukkan lemak ke dalam tubuh, secara otomatis tubuh kehilangan beragam nutrisi penting, seperti vitamin A, D, E, dan apa saja yang disebut dengan asam lemak esensial.

 

Dibawah ini ada beberapa makanan dan minuman berlemak yang sebenarnya tidak selalu berdampak buruk bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi. Berikut ini penjelasannya.

 

Telur

 

Para peneliti mengatakan bahwa telur sebenarnya baik bila dikonsumsi hingga empat kali seminggu. Diet kolesterol tidak akan meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh Anda, karena Anda akan menemukan kebosanan dengan sendirinya.

 

Susu

 

 

Seperti yang anda ketahui, bagi yang sedang melakukan program diet, susu rendah lemak ini paling banyak dicari saat ini. Padahal, jelas Marilyn, minum segelas susu dengan kandungan lemak yang cukup tinggi akan membantu siapa saja yang ingin menurunkan berat badan. Karena segelas susu berlemak, mampu membuat Anda kenyang lebih lama, dan hasil dari penelitian telah menunjukkan bahwa sejumlah asam lemak di dalam produk susu mampu mengatur berat badan Anda.

 

Daging merah
Begitu banyak yang menganggap bawah daging merah bisa membuat tubuh menjadi kegemukan jika dikonsumsi. Semua itu tergantung dari mana daging merah itu berasal. Ternyata, mengkonsumsi 100 gram daging merah sebanyak tiga sampai empat kali dalam seminggu akan baik-baik saja, bila dagingnya berasal dari sapi yang diberi makan rumput
diet.

 

Yogurt

 

 

Sama halnya seperti susu, yogurt pun dipilih yang rendah lemak. Asal Anda tahu bahwa yogurt rendah lemak penuh gula untuk menggantikan rasa lemak yang telah dihilangkan.

 

Mentega

 

 

Margarin tidak selalu berdampak buruk bagi kesehatan apabila mengkonsumsi margarin yang tinggi lemak. Lebih baik mengonsumsinya dalam jumlah yang sangat kecil, daripada Anda memilih margarin rendah lemak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here