Published On: Sab, Agu 20th, 2016

5 Kesalahan Fatal Menyusun Rencana Pensiun

Jalaon.com – Banyak orang melakukan kesalahan fatal di usia produktif. Mereka tidak menyiapkan segala sesuatu dengan benar menghadapi pensiun, akhirnya terpaksa melewati masa tua dengan penuh penyesalan akibat kekurangan uang. Mumpung masih muda dan punya penghasilan tetap setiap bulan, setidaknya mulai nabung untuk persiapan jangka panjang.

Sebagaimana dilansir dari laman investopedia, Jumat (19/08/2016), ada lima kesalahan fatal saat menyiapkan masa pensiun yang kerap dilakukan seseorang pada usia produktif.

1. Malas nabung biaya kesehatan

Beragam penyakit kerap menyapa di usia senja, bahkan beberapa orang terpaksa lebih banyak habiskan masa tua di rumah sakit. Setiap tahun biaya kesehatan terus naik, sehingga perlu persiapan sejak awal jika tak mau sakit tanpa mampu pergi berobat. Selain menyisihkan uang tabungan di bank, ikuti program lainnya seperti asuransi kesehatan milik pemerintah atau swasta.

2. Pensiun dini

Beberapa orang memutuskan pensiun kerja di usia 65 tahun, tapi ada pula yang lebih cepat. Jika masih produktif dan tabungan tidak mencukupi, jangan ambil keputusan pensiun dini. Boleh saja memilih berhenti kerja untuk berwirausaha atau berinvestasi, asal bukan berhenti kerja tapi tak punya pendapatan bulanan.

3. Boros

Keuangan harus diatur ketat menjelang masa pensiun. Jangan boros atau menghabiskan uang dalam waktu singkat. Ketimbang hamburkan uang untuk hal tak berguna, lebih bijak melunasi semua kredit atau utang supaya dapat menjalani masa tua tanpa beban. Jalani masa tua dengan hidup berhemat!

4. Biayai hidup anak

Ketika anak-anak sudah tumbuh dewasa, mereka harus cari uang sendiri dan tak lagi bergantung finansial kepada orang tua. Jangan habiskan uang pensiun untuk membiayai hidup anak, suruh mereka bekerja selepas lulus SMA atau kuliah. Banyak orang tua kehabisan uang pensiun akibat hal ini, pada akhirnya kekurangan dana untuk membiayai keperluan sendiri.

5. Terlalu optimis

Hilangkan rasa optimis tinggi meski sudah menyusun persiapan matang sejak awal. Uang pensiun memang dipakai untuk membiaya hari tua, namun bukan berarti dihabiskan begitu saja tanpa menerima pendapatan. Gunakan sebagian kecil uang pensiun untuk membuka usaha kecil-kecilan.