5 Langkah Cepat Atasi Kulit Terbakar Sinar Matahari

kulit terbakar sinar matahari
5 langkah paling efektif atasi kulit terbakar sinar matahari (sunburn)

Jalaon.com – Panasnya sinar matahari di musim kemarau membuat tubuh basah berselimut keringat. Sangat berbahaya berada di luar ruangan terlalu lama pada siang hari, besar kemungkinan kulit mengalami sunburn atau terbakar sinar matahari. Jangan anggap enteng efek sampingnya yang malam mempercepat proses penuaan dini dan berpeluang besar kena kanker kulit.

“Efek kulit terbakar sinar matahari hanya butuh beberapa jam untuk berkembang. Segera lakukan pertolongan pertama saat muncul tanda kulit kemerahan,” ucap pakar kesehatan kulit, Dr Anita Sturnham, dilansir dari laman Cosmopolitan, Minggu (21/08/2016). Ada lima langkah cepat mengatasi kulit terbakar sinar matahari, yaitu:

Usir panas

Langkah pertama yaitu mengusir hawa panas. Sekantong es batu paling efektif mendinginkan permukaan kulit, kemudian dilanjutkan mandi air dingin. Coba olesi kulit terbakar pakai ramuan tradisional dari daun mint dan mentimun segar yang mengandung antioksidan. Mentimun mengandung 95 persen air yang efektif mengatasi luka bakar di permukaan kulit, khususnya area sekitar wajah.

Menenangkan kulit

Sabuni kulit dengan produk perawatan kulit penuh gizi dan kandungan antioksidan yang bantu mengatasi kerusakan radikal bebas akibat paparan radiasi sinar matahari. Antioksidan melawan radikal bebas dengan mempercepat proses perbaikan kulit secara alami. Disarankan mengkonsumsi banyak buah dan sayuran, kemudian memilih produk pelembab kulit.

Banyak minum

Dr Anita menyarankan minum banyak air untuk menghidrasi kulit. “Kandungan air pada buah dan sayuran mentah justru paling efisien sebab menyimpan kemampuan penetrasi lebih baik ke sel-sel tubuh. Dengan perbanyak asupan air maka tubuh selalu dalam kondisi terhidrasi.

Tutupi kulit

Selektif mengenakan pakaian, hindari yang terlalu mengekspos tubuh selama proses penyembuhan berlangsung. Jangan biarkan kulit terbakar kena paparan langsung sinar matahari yang justru memperburuk keadaan. Kenakan baju lengan panjang dan celana panjang saat keluar rumah di siang hari.

Penanganan medis

Segera cari penanganan medis dari dokter terdekat jika kulit terbakar tak kunjung membaik dan malah tambah parah. Dalam beberapa kasus, kulit langsung terbakar parah akibat terlalu lama kena paparan sinar matahari. Empat langkah di atas hanya untuk menekan keluhan sementara waktu, sedangkan penanganan medis cegah efek samping memburuk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here