5 Makanan Tidak Sehat yang Tampak Sehat

 

Jika ingin hidup sehat, tentu harus mengatur pola makan yang sehat. Makanan dan minuman sehat diperlukan untuk menjaga kesehatan. Banyak pilihan produk makanan dan minuman yang bisa anda konsumsi, tetapi apakah produk yang anda konsumsi itu benar-benar sehat? Atau justru sebaliknya? Contohnya 5 makanan dan minuman ini, sekilas tampak meyehatkan dan banyak orang mempercayai hal itu. Tetapi nyatanya makanan dan minuman tersebut ternyata justru berbahaya jika dikonsumsi berlebih. Nah langsung saja ini kita bahas bersama makanan dan minuman yang tampaknya sehat, tetapi ternyata memiliki dampak buruk untuk kesehatan tubuh :

 

Popcorn

Ahli gizi, Emma Wight-Boicott mengatakan, popcorn merupakan camilan lezat yang dapat membahayakan jantung. Lho? Ya, menurut Emma, garam yang terdapat pada pop corn cenderung tinggi dan dibuat dengan lemak trans (mentega) yang dipanaskan hingga gurih. Padahal kita tahu, lemak trans menyebabkan kerusakan radikal bebas sedangkan garam dan gula dapat menyumbat arteri dan berakhir dengan jantung koroner. Ngeri, kan?

 

Granola (sereal olahan mirip oat)

 

Mungkin di Indonesia masih asing dengan granola. Sejenis makanan ringan, sebuah sereal olahan berbentuk kotak, biasanya diberi gula, kacang-kacangan dan kismis. Mungkin banyak yang berpikir sereal granola ini menyehatkan dan cocok untuk pengganti sarapan atau snack lain. Nyatanya tidak, sereal granola memiliki kandungan lemak, gula, dan karbohidrat tinggi. Sehingga membuat makanan ini tidak cocok untuk pengganti sarapan atau snack.

Untuk pengganti sereal granola, lebih baik anda mengkonsumsi oatmeal mentah yang diolah sendiri. Anda bisa menambahkanya dengan susu tanpa lemak atau memasaknya dengan air putih, tanpa gula berlebih. Jika membutuhkan rasa, anda bisa menambahkannya dengan buah-buahan seperti pisang, stroberi, dan sebagainya sesuai selera anda.

 

Salad cepat saji

Jangan bangga dulu karena Anda memesan salad caesar di restoran makanan cepat saji. Kelihatannya sehat tapi salad ini mengandung beribu kalori lho!

Jika anda harus memesan salad, Anda bisa mengesampingkan sausnya di pinggir piring atau mengganti thousand island misalnya, dengan minyak zaitun dan balsamic dalam botol semprot.

 

Minuman Isotonik

 

 

Seusai kita berolah raga, mungkin kita berpikir bahwa minuman isotonik merupakan minuman yang tepat, karena menyegarkan dan bisa mengembalikan tenaga. Memang kasiat minuman tersebut sangat terasa, memberikan anda energi. Tapi untuk kita yang bukan seorang atlit, minuman isotonik menjadi hal yang buruk bagi kita. Berbeda dengan seorang atlit membakar lebih banyak kalori dibanding kita, jadi mereka membutuhkannya untuk tetap prima. Keburukan utamanya tentu saja minuman tersebut memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, dan gula membentuk lemak di dalam tubuh. Jadi minumlah minuman ini ketika anda benar – benar kehilangan banyak kalori.

 

Whole Wheat Bread

Banyak yang berfikir dan percaya bahwa memakan roti gandum lebih menyehatkan dibandingkan dengan roti biasa. Hal ini karena roti gandum memiliki serat lebih banyak dibandingkan roti biasa. Nyatanya, kandungan serat yang ada pada roti gandum sangat sedikit sekali, jadi tidak cukup berguna untuk memenuhi kebutuhan serat tubuh kita.

Bahkan jika diteliti dan diuji kandungan gizinya, roti gandum tak jauh berbeda berbahayanya dengan roti tawar biasa. Karena mengandung banyak kalori, karbohidrat dan gula! Jadi justru menciptakan banyak lemak di dalam tubuh. Justru lebih baik mengkonsumsi beras merah, karena seratnya cukup tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here