5 Manfaat Jus Nanas Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui Orang

Buah yang khas dengan kulit berduri ini sangat kaya akan manfaat. Jus nanas ini memiliki banyak sekali manfaat yang juga jarang diketahui oleh orang. Nanas merupakan salah satu buah tropis yang terkenal sejak berabad-abad yang lalu karena rasanya yang unik dan khasiatnya yang ajaib untuk kesehatan.

Buah nanas mengandung kalor yang cukup rendah. Satu cangkir buah nanas yang dipotong bentuk dadu, hanya mengandung 80 Kalori, 2 gram Serat, dan 1 gram Protein. Nah, tahukah Anda apa saja manfaat jus nanas bagi kesehatan? berikut ini beritanya.

 

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Salah satu manfaat mengonsumsi jus nanas mentah ialah membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Hal ini karena kandungan mangan di dalamnya. Jus ini memiliki pengaruh yang baik untuk kesehatan tulang serta dapat meningkatkan proses penyembuhan tulang.

Nanas merupakan salah satu buah yang diketahui mengandung enzim Bromelain. Enzim ini berguna untuk menyembuhkan beberapa penyakit, terutama baik untuk penyembuhan dan mengurangi tingkat peradangan.

2. Memperkuat sistem kekebalan (imun) tubuh

Sistem imun tubuh yang baik, mencegah timbulnya penyakit seperti batuk, pilek, sakit tenggorokan, hingga yang sangat parah seperti penyakit bronkitis. Selain itu kandungan bromelain di dalam buah nanas dikenal sebagai zat anti kanker.

Nanas kaya akan kandungan bromelain. Pada penelitian yang dilakukan Queensland Institute of Medical Research menunjukkan hasil bahwa terdapat dua molekul penting yang ada pada kandungan bromelain, yakni CCS dan CCZ.
CCS berfungsi untuk menahan protein Ras yang ditemukan pada 30 % penyakit kanker.

3. Kesehatan tulang

Kandungan Magnesium dan kalsium pada buah nanas bermanfaat untuk membantu dalam memperkuat tulang dan juga jaringan ikat.

4. Mengatasi rasa nyeri. 

Hal cukup unik bahwasannya jus nanas segar merupakan minuman yang sangat penting untuk para binaragawan, hal itu disebabkan dari kandungan bromelain yang didalamnya, yang bermanfaat untuk mengatasi sakit pada otot tubuh. Sehingga buah nanas ini dapat dimanfaatkan untuk nyeri sendi, selain itu berperan dalam meminimalisir terjadinya pembekuan darah.

5. Kesehatan jantung

Memperlancar kerja jantung dan mengurangi terjadinya pembekuan darah dalam aliran darah. Sejumlah penelitian, seperti di Finlandia dan China, masing-masing penelitian menunjukan hasil bahwa asupan vitamin C yang mencukupi untuk tubuh bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here