Published On: Sab, Agu 13th, 2016

5 Penyakit Berbahaya Akibat Duduk Lama

Banyak masyarakat saat ini yang menghabiskan waktunya sehari – hari dengan duduk di depan komputer untuk bekerja. Rasanya jika sudah duduk dan disibukkan dengan pekerjaan, akan malas untuk bergerak ataupun berdiri dan berjalan.

Padahal duduk lama misalnya karena pekerjaan yang menumpuk di kantor ditambah malas bergerak sangat berisiko menyebabkan kematian.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika, duduk diam selama 6 jam sehari secara terus-menerus dapat meningkatkan risiko kematian karena berbagai sebab. Duduk lama diklaim dapat memicu obesitas karena kecenderungan ngemil, Sehingga tubuh menyimpan lebih banyak lemak bukannya membakarnya sebagai energi.

Pakar penyakit dalam dari RS Tebet, Mulyani Anni Suryani Gultom mengatakan, ada lima penyakit yang umum dialami mereka yang sering duduk lama di kantor :

 

1. Maag

Maag atau Gastritis merupakan penyakit yang menyerang lambung karena terjadi luka atau peradangan. Penyebabnya bisa dikarenakan makan yang tidak teratur, masuknya mikroorganisme yang merugikan ke dalam tubuh, mengonsumsi obat-obatan tertentu, atau sebab-sebab lainnya seperti mengonsumsi alkohol, pola tidur yang tidak teratur dan stres.

 

2. Hipertensi

Hipertensi atau tekananan darah tinggi merupakan gangguan pada sistem peredaran darah yang dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah di atas nilai normal, yaitu melebihi 140 / 90 mmHg. Penyakit ini bisa memicu berbagai macam penyakit seperti jantung, stroke dan diabetes.

 

3. Stres

Stres bisa dikatakan normal karena berhubungan dengan hormon. Namun ketika otak menghadapi sebuah tekanan, maka otak akan melepaskan banyak hormon, untuk memberikan energi kepada tubuh untuk menghadapi situasi tersebut. Situasi ini biasanya juga akan memicu penyakit, kerontokan rambut, kurangi berat badan dll.

 

4. Anyang-anyangan

Hal ini bisa disebabkan oleh dua hal, karena dehidrasi dan juga karena infeksi saluran kemih. Jika anyang-anyangan hilang setelah minum air putih, maka itu tak jadi masalah. Tapi jika disebabkan oleh bakteri karena menahan pipis, tentu akan berbahaya dan menyebabkan infeksi saluran kemih.

 

5. Sakit mata / Mata minus

Organ lain yang tak kalah penting adalah mata. Saat bekerja terus menerus di depan layar komputer, mata akan mudah lelah. Risiko mata minus atau silinder cukup umum terjadi.