5 Tindakan Sembrono Yang Merusak Earphone

headphone
Tindakan sembrono yang merusak headphone dalam waktu singkat

Jalaon.com – Mendengar alunan musik favorit di smartphone kesayangan terasa lebih asyik memakai headphone atau earphone yang diselipkan ke lubang telinga. Suara lebih optimal dan bersifat pribadi karena tak bisa didengar orang lain. Anda bebas memutar lagu apa saja tanpa mengganggu kenyamanan lingkungan sekitar.

Sama seperti barang elektronik lainnya, earphone rentan rusak akibat kesalahan sendiri. Lalai dalam menjaga dan merawat merupakan pemicu utama. Enggan merogoh kocek untuk membeli earphone baru? Ada lima pantangan tidak boleh anda lakukan seperti dilansir dari laman Gizbot, Jumat (19/08/2016).

1. Cuek

Earphone yang anda beli terpisah atau sepaket dengan smartphone harus dijaga sebaik mungkin. Hati-hati sebelum dan sesudah memakainya, tak boleh lalai sedikitpun. Contoh kasus, jangan pakai earphone saat tidur malam. Kerusakan sering terjadi akibat dipakai tidur, dimana earphone tak sengaja tertekan dan akhirnya patah atau kabel copot.

2. Cara penyimpanan

Simpan dengan benar usai dipakai. Jangan pernah membiarkan earphone atau headphone tetap terhubung ke smartphone ketika tidak terpakai. Seseorang mungkin tak sengaja menariknya dengan kasar sehingga kabel rusak permanen. Menggulung kabel earphone terlalu ketat juga tidak dibenarkan, bahkan membuat kabel berjumbai.

3. Lokasi penyimpanan

Menyimpan earphone ke dalam tas adalah ide buruk. Guncangan dan tekanan akibat beban tas penuh justru membuatnya cepat rusak. Siapkan wadah pelindung khusus untuk earphone yang mampu meredam tekanan dan guncangan meski tersimpan di dalam tas atau koper.

4. Volume kencang

Menaikkan volume hingga batas akhir adalah cara paling asyik menikmati alunan musik. Sayangnya itu tidak dianjurkan karena dapat merusak bagian internal earphone. Justru mengatur kualitas suara dari gadget ke posisi optimal jauh lebih aman. Lagipula mendengar suara keras-keras dari dekat berdampak buruk bagi indera pendengaran.

5. Kualitas rendah

Cepat atau lama rusaknya earphone tergantung dari kualitas barang. Jika produk berkualitas rendah dan lalai merawatnya, maka potensi kerusakan lebih besar. Namun dalam beberapa kasus, hal itu turut berlaku pada produk berkualitas tinggi. Intinya, kualitas dilihat dari produk dan cara perawatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here