Published On: Sen, Agu 15th, 2016

Awas, 6 Kebiasaan Buruk Ini Memicu Kerusakan Gigi

Jalaon.com – Menjaga kesehatan gigi bukan perkara mudah, bahkan satu kesalahan sepele justru mengakibatkan lubang kecil tak terlihat. Jangan anggap remeh satu lubang kecil yang sanggup menghasilkan nyeri dan ngilu. Rajin gosok gigi setiap hari bukan jaminan terbebas dari ancaman ini, dokter justu menyarankan untuk menghindari sejumlah kebiasaan buruk.

Sebagaimana dilansir dari laman boldsky.com (14/08/2016), ada enam kebiasaan buruk yang sudah terbukti merusak gigi tetapi kerap dilakukan tanpa sadar.

1. Beberapa orang punya kebiasaan mengunyah es batu. Tindakan itu perlu dihindari karena memicu gigi berlubang dan kerusakan permanen. Jika dilakukan terus menerus justru menghancurkan gigi secara perlahan.

2. Jangan biarkan anak menghisap botol susu pada waktu tidur malam. Kebiasaan sepele ini mendongkrak resiko kerusakan gigi karena kandungan gula dalam susu memberi efek buruk pada enamel gigi.

3. Permen batuk efektif meredakan tenggorokan gatal akibat peradangan. Namun jangan terlena karena sebagian besar produk justru tinggi kandungan gula. Jika menghisap permen batuk seharian, maka potensi gigi rusak dan berlubang terus meningkat.

4. Selain permen batuk, hindari juga mengunyah permen karet. Tinggi kandungan gula yang berpotensi melubangi permukaan gigi secara permanen. Usai menikmati permen karet dianjurkan berkumur untuk menyingkirkan gula yang masih menempel.

5. Kandungan gula dan asam pada minuman soda sanggup merusak permukaan gigi. Selain berhenti minum soda, hindari pula sport drink yang tinggi kandungan gula dan asam. Untuk mengusir rasa haus cukup minum air putih.

6. Jus buah memang menyegarkan tenggorokan dan kaya nutrisi penting untuk tubuh. Namun terlalu banyak menuangkan gula ke segelas jus justru memicu kerusakan gigi permanen. Lebih baik minum jus tanpa gula tambahan atau langsung makan buah dalam keadaan utuh.

Enam kebiasaan buruk di atas memang sulit dihilangkan dari kehidupan sehari-hari. Berusaha mengurangi asupan gula, rajin gosok gigi dua kali sehari dan memakai obat kumur setelahnya. Jika ingin menikmati minuman dingin, usahakan tanpa tumpukan es batu. Dengan mengurangi atau menghindari setidaknya kerusakan gigi terhindari.