Lakukan 6 Metode Ini Agar Sikat Gigi Bebas Kuman & Bakteri

membersihkan sikat gigi
Cara tepat membersihkan sikat gigi dari kuman & bakteri

Jalaon.com – Menyikat gigi bertujuan usir kuman dan bakteri berbahaya yang mengancam kesehatan mulut. Sayangnya banyak orang tidak mengetahui fakta bahwa sikat gigi yang digunakan setiap hari adalah tempat ideal bagi tumbuh kembang bakteri, virus dan kuman penyebab infeksi.

Sikat gigi lama, kotor dan tak terawat bisa berubah menjadi sarang sumber penyakit. Untung ada beberapa metode untuk membersihannya seperti dilansir dari laman boldsky.com (16/08/2016).

1. Air panas

Sirami sikat gigi beberapa kali dengan air panas sebelum dan sesudah pakai. Agar kuman dan bakteri tak kembali datang, pastikan cuci tangan hingga bersih dengan sabun dan air panas.

2. Air mendidih

Selain disiram air panas, sikat gigi bisa dibersihkan dengan merendam ke secangkir air mendidih. Rendam selama tiga hingga lima menit untuk hasil terbaik.

3. Hidrogen peroxid

Cara terbaik bersihkan sikat gigi yaitu rendam selama 30 detik ke secangkir air yang sudah dicampur satu sendok teh hidrogen peroxid. Kemudian bilas dengan air panas. Lakukan ini sebelum memakai sikat gigi. Jika tak punya persediaan hidrogen peroxid, boleh diganti obat kumur yang mengandung alkohol.

4. Vinegar

Selain rendam ke larutan hidrogen peroxid atau obat kumur beralkohol, bisa juga memakai vinegar murni. Vinegar efektif membunuh semua kuman dan bakteri berbahaya.

5. Pemutih

Cairan pemutih termasuk salah satu cara paling efisien untuk membersihkan sikat gigi. Sikat harus diaduk ke larutan pemutih selama 30 detik, kemudian dibilas bersih sebelum kembali dipakai untuk menyikat gigi.

6. Mesin cuci piring

Langkah terakhir ini hanya bisa dilakukan dengan mesin cuci piring (dishwasher) yang sudah terbukti membersihkan secara tuntas, membasmi tumpukan bakteri dan kuman berbahaya. Taruh sikat gigi di rak paling atas dalam mesin cuci piring agar tidak meleleh akibat panas. Nyalakan mesin dalam kondisi normal dan jangan lupa pakai deterjen khusus mesin cuci piring.

Sikat gigi usang dan terpakai lebih dari tiga bulan sebenarnya tidak perlu dibersihkan lagi. Beli saja sikat gigi baru sebagaimana direkomendasikan dokter untuk mengganti sikat setiap tiga atau empat bulan sekali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here