Published On: Rab, Agu 17th, 2016

8 Pemicu Mengapa Seseorang Digigit Nyamuk

Jalaon.com – Gigitan nyamuk memicu kehadiran sejumlah penyakit berbahaya seperti demam berdarah, malaria hingga zika. Rajin bersihkan rumah dan jaga kebersihan badan efektif kurangi potensi tergigit nyamuk. Mengapa nyamuk suka mengigit dan menghisap darah manusia? Sebagaimana dilansir dari laman cbsnews.com (17/08/2016), ternyata ada delapan pemicu yang membuat seseorang digigit nyamuk.

1. Minum bir dan soda

Menegak minuman beralkohol mengakibatkan temperatur tubuh meningkat drastis sehingga mengeluarkan keringat lebih banyak. Sedangkan gas karbondioksida yang keluar dari botol atau kaleng bir dan soda menarik perhatian nyamuk meski terpisah jarak 100 kaki.

2. Keringat

Asam laktat dan koloni bakteri bercampur keringat membuat nyamuk rela berdatangan untuk mengigit dan menghisap darah. Segera mandi untuk membersihkan tubuh dari keringat dan kotoran.

3. Bakteri

Tumpukan bakteri tertentu di permukaan kulit bagai umpan lezat yang menggoda nyamuk untuk datang mengigit. Segera mandi dan bersihkan tubuh dengan sabun antibakteri agar jumlah bakteri berkurang drastis.

4. Darah O

Nyamuk lebih suka mengigit seseorang berdarah O ketimbang A. Namun ini hanya berlaku untuk nyamuk Aedes albopictus yang bisa menularkan Zika, dengue dan chikungunya.

5. Wanita hamil

Wanita hamil memiliki tubuh besar yang lebih banyak menyimpan panas tubuh dan mengeluarkan karbondioksida. Hati-hati terhadap nyamuk yang membawa infeksi Zika, sebab mengancam kehamilan saat trimester pertama dan kedua. Sedangkan nyamuk akan lebih sering mengigit tubuh ketika wanita hamil memasuki trimester ketiga.

6. Ragi

Nyamuk sangat menyukai ragi yang biasanya dipakai untuk membuat roti. Disarankan segera mandi usai “bermain-main” dengan ragi ketika memasak.

7. Larutan pembersih

Jangan pernah gunakan larutan pembersih mengandung sodium bicarbonate ataupun vinegar untuk mengepel lantai dan ubin dapur.

8. Warna pakaian

Nyamuk menggunakan warna untuk membidik targetnya. Serangga penghisap darah ini lebih suka mengerubungi seseorang yang mengenakan pakaian berwarna gelap ketimbang berwarna terang. Disarankan memakai baju lengan panjang dan celana panjang.

Gunakan krim/lotion anti nyamuk dan terus berada di ruangan ber-AC agar bebas dari ancaman tergigit nyamuk. Sebaiknya wanita hamil dilarang terbang menuju area terinfeksi virus zika.