Published On: Sel, Apr 4th, 2017

Agenda Sidang Lanjutan Ahok Hari Ini, Pemeriksaan Terdakwa dengan Barang Bukti

d

Jalaon.com – Sidang lanjutan Basuku Tjahaja Purnama atau Ahok atas kasus dugaan penodaan agama telah digelar hari ini, Selasa 04 April 2017 di Auditorium Kementerian Pertanian.

Agenda pada sidang hari ini adalah pemeriksaan terdakwa beserta barang bukti berupa video pidato Ahok di Kepulauan Seribu yang disebarkan oleh Buni Yani beberapa waktu yang lalu.

Video tersebut diputar saat sidang berlangsung, dan disaksikan bersama oleh Hakim, JPU dan yang ada di ruangan sidang. Sementara yang menjadi polemik dalam video pidato tersebut adalah saat Ahok mengatakan sesuatu yang menyinggung kitab suci Al Quran sehingga menyakiti hati umat Muslim.

“Video hanya menyangkut yang (pernyataan), ‘Jangan percaya ya.’ Cuplikan beberapa detik,” tanya Ketua Majelis Hakim Dwiarso Budi Santiarto kepada Ketua JPU, Ali Mukartono, Selasa (4/4/2017).

Setelah pemutaran video Ahok di Kepulauan Seribu selesai ditayangkan, selanjutnya dilakukan pemutaran video Ahok yang sedang melakukan wawancara di Balai Kota DKI Jakarta pada 7 Oktober 2016 lalu.

Kemudian, kuasa hukum Ahok, Trimoelja D Soerjadi mengajukan interupsi dan meminta penjelasan kepada tim Jaksa Penuntut Umum untuk menerangkan video yang ditayangkan tersebut.

“Interupsi Yang Mulia. Supaya mengerti, tolong dapat diterangkan oleh JPU, ini video apa yang ditayangkan,” tanya Trimoelja.

Kemudian salah satu dari tim Hakim menjawab, bahwa video tersebut adalah video yang dilaporkan oleh saksi yang dihadirkan JPU yang dianggap juga melakukan penistaan agama saat wawancara di Balai Kota DKI Jakarta.