Published On: Sel, Mei 2nd, 2017

Ampas Kopi Dapat Mengusir Hama dan Menyuburkan Tanah Kebun

d

Jalaon.com – Budaya dan kegemaran minum kopi sudah menjamur bagi masyarakat Indonesia, itulah kenapa hingga saat ini semakin banyak jumlah warung kopi yang berjejer – jejer di pinggir jalan.

Namun sayangnya hampir semua warung kopi akan membuang ampas kopi setelah habis diminum, padahal ampas kopi ini bisa dimanfaatkan untuk mengusir hama di perkebunan.

Mengutip laman Ottencoffee.co.id, Perusahaan olah ampas kopi Reground, Melbourne, Australia telah melakukan uji coba dengan mencampurkan ampas kopi bersama dengan tanah kebun, dan hasilnya mampu mengusir hama secara ramah lingkungan.

Menggunakan ampas kopi yang dicampurkan dengan tanah kebun dapat mengontrol jumlah siput dan semut yang akan menggerogoti tanaman di kebun.

Selain itu, ampas kopi yang tercampur dengan tanah ini lebih disukai oleh cacing, sehingga cacing akan dengan sendirinya menghampiri tanah kebun dan mengunyah ampas kopi tersebut dan mengeluarkan mineral – mineral yang dapat menyuburkan tanah kebun.

Menggunakan ampas kopi dipercaya lebih aman dan ramah lingkungan karena tanpa menggunakan racun pestisida. Jadi, mulai sekarang jangan buang ampas kopi anda.