Published On: Sen, Apr 17th, 2017

Anak Usia 13 Tahun Ini Terpaksa Direhabilitasi Karena Kecanduan Gadget

d

Jalaon.com – Bagi anak – anak, bermain smartphone memang bisa menjadi solusi untuk menghiburnya dan membuatnya betah dirumah. Namun, jika orang tua tidak membatasi sang anak untuk bermain smartphone, maka hal ini dapat menyebabkan anak menjadi kecanduan dengan perangkat elektronik satu ini.

Seperti yang dimuat dilaman The Independent, Senin (17/4/2017), ada seorang anak kecil berusia 13 tahun di Amerika Serikat mengalami kecanduan berat terhadap smartphone, sehingga ia kehilangan gerakan dan eksplorasi sebagaimana mestinya yang dilakukan oleh anak – anak seusianya.

Orang tua anak tersebut akhirnya membawanya ke Restart Life Centre di wilayah Seattle, Amerika Serikat (AS) untuk dilakukan rehabilitasi. Harapannya adalah sang anak tidak lagi kecanduan dengan smartphone.

Restar Life sendiri memang didirikan khusus untuk menangani anak – anak yang kecanduan dengan perangkat elektronik termasuk smartphone. Namun, dalam proses rehabilitasi tersebut dapat memakan waktu yang cukup lama, yaitu bisa mencapai delapan tahun.

Pendiri Restart Life Center, Hilarie Cash mengatakan bahwa anak – anak sebenarnya memiliki naluri alami, dimana ia bisa bergerak dan bereksplorasi serta mencoba hal – hal yang baru diluar yang ia ketahui.

Menurut Cash, pemakaian gadget yang berlebihan dapat menghilangkan naluri alami pada diri anak – anak, sehingga gadget tersebut dapat menjadi penghalang bagi perkembangan anak untuk berkreasi.

“Setiap anak memiliki naluri alami. Mereka seharusnya bisa bergerak, mengeksplorasi, dan berinteraksi sosial lebih dari yang mereka pikir. Cuma, penggunaan gadget membatasinya dan menjadi gap yang besar,” ungkap Cash.