Analis Forensik Menilai Indonesia Masih Rentan Terserang Ransomware Wannacry

da

Jalaon.com – Beberapa waktu yang lalu, Menkominfo Rudiantara mengatakan kepada masyarakat agar tidak ragu dan trauma menggunakan internet, karena saat ini Indonesia sudah aman dari serangan virus malware Ransomware Wannacry.

Sementara itu, Analis Forensik Digital Ruby Alamsyah meilai bahwa Indonesia masih bisa saja terserang oleh virus peretas tersebut kapan saja.

“Masih banyak celah keamanan yang bisa ditembus. Penanganan WannaCry ke depannya harus lebih serius lagi,” katanya melalui keterangannya, Kamis (18/5/2017) di Jakarta.

Menurut Ruby, pemerintah perlu untuk memberikan fasilitas infrastruktur jaringan yang cukup memadai untuk menolak dan mengantisipasi serangan virus ganas tersebut.

“Pakai fitur jaringan secara optimal karena banyak perusahaan yang membeli switch mahal hingga puluhan juta rupiah, tapi tidak dioptimalkan. Mereka bahkan tidak pakai virtual LAN, trafiknya tidak di-filter, dan dibiarkan default,” jelasnya.

Selain itu, pria alumni TI Universitas Gunadarma ini menilai bahwa industri perbankan di Indonesia masih tergolong aman, karena sistem operasi yang dimiliki oleh perbankan menggunakan firewall yang cukup bagus disertai dengan pemeriksaan secara rutin.

“Kemungkinan besar sistem TI perbankan masih aman dari ransomware WannaCry karena sudah aman sistem operasinya. Sistem TI perbankan juga tidak terhubung ke internet secara langsung. Selain itu, sistemnya juga dilengkapi firewall dan perangkat keamanan TI lain,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here