Published On: Sen, Mei 15th, 2017

Aneh,Anak Aborigin Ini Kecanduan Uap Avgas

avgas

Jalaon.com – Puluhan bocah di Australia ternyata memiliki kadar timbal tinggi di dalam tubuh, akibat kebiasaan menghirup uap bahan bakar pesawat.

Dikutp Merdeka.com Senin (15/5), melaporkan, untuk memenuhi kecanduannya, mereka nekat mencuri avgas dari tangki bahan bakar pesawat terparkir di Pulau Elcho. Ulah mereka terekam kamera pengawas.

Pakar kesehatan Aborigin do Miwatj Health, Joan Djamalaka Dhamarrandji menyebutkan, kebiasaan itu sangat berbahaya. Sebab, uap bahan bakar itu bisa menyebabkan kerusakan otak parah.

“Jika anak-anak ini tidak berhenti, mereka akan memiliki masalah kerusakan otak yang sangat serius,” kata Joan.

Avgas adalah salah satu bahan bakar yang masih mengandung timbal cukup tinggi buat menggenjot nilai oktan. Maka dari itu jika rutin dihirup sangat berbahaya buat kesehatan.

Kecanduan menghirup uap avgas mengakibatkan sembilan anak dan satu orang dewasa dilarikan ke Rumah Sakit Royal Darwin, guna mendapat perawatan medis.

“Ini adalah keadaan darurat kesehatan masyarakat. Kita khawatir karena banyaknya anak-anak dengan kadar timbal tinggi dalam darah,” seru kepala petugas kesehatan untuk Miwatj Health, dr. Lucas de Toca.

Sementara itu, pemimpin Yolngu di Pulau Elcho sangat prihatin atas kondisi tersebut. Dia mengajak masyarakat sekitar bertemu untuk mengakhiri masalah kecanduan avgas pada anak-anak. Hal ini diungkapkan John Gurrumgurrum Burarrwanga dari Makarr Dhuni, sebuah organisasi yang mewakili kelompok klan di Pulau Elcho.