Angkot Ber AC, Menhub : Tarif Akan Menyesuaikan

Jalaon.com – Dalam rangka untuk meningkatkan standart pelayanan dan kenyamanan kendaraan umum Angkutan Kota atau Angkot,┬áMenteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah menetapkan standart terbaru dengan menambahkan AC kepada seluruh angkot.

Budi Karya mengatakan bahwa dilakukannya peningkatan tersebut sebagai bentuk upaya pemerintah untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna angkutan umum, terlebih lagi untuk daerah Jakarta yang cukup dikenal dengan kemacetan dan cuaca panas.

“Kita akan mendorong angkutan umum menjadi angkutan utama. Angkutan umum akan menjadi diminati apabila dia level of service-nya mesti bagus. Mana mau orang Jakarta tidak ber-AC. PM 29 memang 2015 diberlakukannya 2018, terlalu lama menurut saya,” kata Budi di Monas, Jakarta, Sabtu (1/7/2017).

Selain itu, Budi juga mengimbau kepada pihak pengelola angkot agar memperhatikan standart pelayanan dan keamanan yang telah diberlakukan oleh pemerintah.

“Hal lain adalah level of safety, kita tahu banyak angkot sebagian juga kurang memenuhi. Bersamaan dengan ini kami ingin mereka memperhatikan level of safety itu. Artinya Pak Dirjen akan menyampaikan kepada semua pihak agar semua dipenuhi, seperti rem, klakson, sabuk pengaman, ini yang akan kita lakukan. Supaya angkutan umum safety-nya juga bagus,” jelasnya.

Sementara itu Budi mengatakan bahwa bersamaan dengan adanya peningkatan pelayanan angkot tersebut, maka akan dilakukan penyesuaian tarif.

“Tarif menyesuaikan, karena dalam menghitung tarif, kita ada semacam harga pokok. Terdiri dari satu adalah kendaraan sendiri. Kedua Ini seperti investasi, ada opex,itu yang meliputi sparepart, bensin, ada ban, gaji pegawai dan sebagainya. Biasanya kalau menggunakan AC tambah banyak bahan bakarnya, mungkin ada penyesuaian sedikit,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here