Apa Perbedaan Kopi Arabika dengan Kopi Robusta?

d

Jalaon.com – Bagi para penikmat kopi pasti sudah mengetahui bahwa di Indonesia ini ada dua jenis kopi yang sangat populer, yaitu kopi Arabika dan Robusta.

Perbedaan dua jenis kopi ini dapat dilihat dari berbagai segi, yaitu mulai dari tingginya dataran ketika kopi tersebut ditanam, bentuk biji kopi, bentuk daun buah kopi hingga rasa dari kedua jenis kopi ini. Berikut ini ulasan mengenai perbedaan Kopi Arabika dan Kopi Robusta yang perlu anda ketahui.

 

Kopi Arabika

Kopi jenis ini diperlukan penanaman pada dataran pada ketinggian 700-1700 mdpl dan suhu yang dimiliki adalah 16-20 °C. Kopi arabika memiliki daun yang lebih lebar dibandingkan dengan kopi robusta. Apabila dilihat dari fisiknya, bentuk biji kopi arabika cenderung lebih datar, sementara biji kopi robusta memiliki bentuk yang oval. Kopi arabika memiliki rasa yang lebih bervariatif ketika diseduh, mulai dari asam, manis, cokelat, fruity dll, serta kopi ini memiliki kandungan kafein yang lebih rendah dibandingkan dengan robusta.

 

Kopi Robusta

Kopi jenis ini ditanam pada dataran yang lebih rendah, yaitu 700 m dpl. Kopi robusta memiliki daun yang lebih kecil dibandingkan dengan kopi arabika. Apabila dilihat dari fisiknya, kopi robusta memiliki bentuk yang oval, sementara kopi arabika memiliki bentuk yang datar. Mengenai rasa, kopi robusta cenderung memiliki rasa yang standart atau datar, yaitu pahit. Kandungan kafein dari kopi ini juga lebih tinggi dibandingkan dengan arabika. Kopi robusta sangat cocok jika digunakan untuk bergadang karena dapat membuat mata melek lebih lama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here