Published On: Sel, Agu 9th, 2016

Bahaya Mengucek Mata

Saat mata terasa gatal, muncul niat untuk menguceknya. Dan, hampir semua orang pernah melakukannya, yang akan berakibat mata memerah dan terasa perih. Tahukah anda bahwa mengucek mata bisa melemahkan otot yang ada di mata?

Tidak heran jika setelah gesekan terhadap mata, mata menjadi merah dan perih. Bisa jadi hal tersebut disebabkan keasyikan mengucek mata hingga rasa gatalnya hilang. Dan, bagaimana jika tangan yang mengucek itu kotor? ini yang juga menjadi masalah.

Mengucek mata, yoga dengan kepala di bawah, tidur dengan wajah menempel pada bantal atau berenang merupakan berbagai aktivitas yang bisa menyebabkan penekanan mata meningkat,” ujar Professor Charles McMonnies, dari UNSW School of Optometry and Vision Science, dalam jurnal yang telah dipublikasikan berjudul Optometry and Vision Science, seperti dikutip dari Science.

Inilah beberapa dampak negatif dari kebiasaan mengucek mata :

 

Mengakibatkan Glaukoma

Jika terus dibiarkan, glaukoma bisa berkembang pada level yang lebih buruk yaitu kerusakan pada mata dan dapat pula berakhir dengan kebutaan. Penyebab utama glukoma adalah terjadinya tekanan berlebih pada mata, yang mana hal tersebut dapat diakibatkan oleh kebiasaan mengucek mata.

 

Menyebabkan Kerusakan Syaraf

Terlalu sering mengucek mata akan menganggu aliran darah di belakang mata, yang mana hal tersebut akan berperan langsung dalam pengrusakan syaraf. Dampak lebih lanjut adalah gangguan penglihatan.

 

Menyebabkan Gangguan Keratoconus

Keratoconus terjadi akibat kornea yang terdorong ke depan dan melemah. Salah satu penyebab utamanya adalah keseringan mengucek atau menggosok mata.

 

Penipisan Kornea

Para ahli menemukan fakta bahwa kebiasaan mengucek mata bisa mengakibatkan penipisan kornea, yang mana hal tersebut akan berakhir dengan beberapa masalah mata seperti gangguan penglihatan dan terkena keratoconus.

 

Rabun Jauh (Miopia)

Rabun jauh atau miopia adalah suatu kondisi dimana seseorang tidak dapat melihat objek secara jelas pada jarak yang jauh. Hal tersebut dikarenakan mata tak dapat memfokuskan pandangan pada retina. Jika anda tidak ingin terkena rabun jauh, maka hindarilah kebiasaan mengucek mata, karena kebiasaan tersebut bepotensi besar menimbulkan kerusakan pada mata yang berakhir dengan rabun jauh.