Published On: Kam, Agu 11th, 2016

Bahaya Tidur Menggunakan Lensa Kontak

 

Semua orang pasti tahu bahwa lensa kontak tidak boleh digunakan saat tidur. Tapi mungkin tidak banyak yang tahu apa sebabnya lensa kontak tidak boleh digunakan saat tidur?

Menurut sebuah survei, ada setengah dari semua orang yang menggunakan lensa kontak jarang mengikuti petunjuk keselamatan yang direkomendasikan. Artinya mereka asal-asalan memakai lensa kontak, bagi dari kualitasnya, sampai cara penggunaannya.

Ini jelas akan berakibat pada gangguan mata dan risiko lainnya yang mengerikan. Apalagi jika Anda sampai lupa melepas lensa kontak dan tertidur. Bahayakah itu? Jelas! Berikut ini 5 bahaya tidur dengan menggunakan lensa kontak

1. Mata merah

Tidur dengan menggunakan lensa kontak dapat menyebabkan iritasi pada mata dan bisa menjadikannya merah. Tidak melepas lensa kontak saat tidur dapat membuat mata terasa sakit dan dalam kurun waktu yang lama dapat membuat mata sangat sensitif.

2. Berisiko ulkus kornea
Risiko ulkus kornea akan sangat meningkat jika Anda tertidur dengan masih menggunakan lensa kontak. Bagi yang belum tahu, ulkus kornea adalah luka terbuka yang terbentuk pada kornea oleh berbagai sebab. Dalam kasus ini lensa dapat menggores permukaan mata Anda ketika tertidur. Ngeri!

3. Kekurangan oksigen
Lensa kontak dapat menghilangkan pasokan oksigen ke mata ketika Anda lupa melepasnya saat tidur. Seperti organ tubuh lainnya, mata Anda membutuhkan oksigen yang cukup untuk dapat berfungsi dengan baik.

4. Kebutaan
Tidur menggunakan lensa kontak bisa mempengaruhi pembuluh darah di mata dan meningkatkan risiko pengembangan infeksi kornea. Kondisi ini dapat memicu terjadinya kebutaan permanen.
5. Peradangan
Jika Anda memiliki kebiasaan tidur dengan lensa kontak sehari-hari, itu dapat menyebabkan peradangan di dalam mata.