Bangun Kilang Minyak di China, Arab Saudi Investasi Rp 864,5 triliun

d

Jalaon.com – Setelah beberapa waktu yang lalu, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud mengunjungi beberapa negara di Asia untuk menandatangani sebuah kontrak kerjasama, kini Raja Salman sepakat bekerja sama dengan perusahaan besar China yang bernilai US$ 65 miliar atau setara Rp 864,5 triliun (kurs Rp 13.300/US$).

Perusahaan raksasa Arab Saudi, Aramco dengan perusahaan China Norinco akan bekerjasama membangun sebuah kilang minyak di China. Jumlah investasi Arab Saudi ke China jauh melampaui investasi di Indonesia dan Malaysia.

Sebelumnya, Arab Saudi juga sepakat bekerjasama untuk membangun kilang minyak di Malaysia yang terletak selatan Johor, dekat perbatasan dengan Singapura. Jumlah investasi Raja Salman untuk proyek ini sebesar US$ 7 miliar atau sekitar Rp 93 triliun.

Saat berkunjung ke Jakarta, Indonesia sempat mendapatkan penawaran untuk berinvestasi di perusahaan BUMN Arab Saudi, Aramco. Namun, pemerintah RI menolak penawaran tersebut, karena merasa akan lebih baik berinvestasi di perusahaan dalam negeri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here