Batu Ginjal Dapat Disembuhkan dengan Ekstrak Jeruk

Buah jeruk yang kaya akan Vitamin C dan begitu banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Selain untuk bisa meningkatkan daya tahan tubuh, tahukah anda bahwa ternyata jeruk bisa membantu menyembuhkan penyakit batu ginjal?

Penelitian baru menunjukkan bahwa BATU ginjal yang menyakitkan bisa dilarutkan dengan ekstrak buah jeruk atau sitrus alami. Studi ini menunjukkan bahwa senyawa bernama hydroxycitrate (HCA) mampu menghambat pertumbuhan batu ginjal, bahkan melarutkannya.

HCA dalam kondisi tertentu ditemukan efektif dalam memperlambat penumpukan kalsium oksalat. Penemuan ini menandai kemajuan pertama dalam pengobatan batu ginjal selama lebih dari tiga dekade.

Batu ginjal adalah deposit mineral yang terbentuk keras di dalam ginjal. Masalah ini mempengaruhi sekitar 12 persen laki-laki dan 7 persen wanita. Batu ginjal terutama terdiri dari kristal oksalat kalsium dan lebih banyak terjadi pada penderita tekanan darah tinggi, diabetes, atau obesitas.

HCA secara alami ditemukan dalam buah Garcinia Cambogia, yang dapat di temukan secara luas di Asia Tenggara. Studi yang dipublikasikan oleh jurnal Nature, hasil studi sangat menjanjikan setelah diuji pada responden yang mengonsumsi suplemen HCA selama tiga hari.

Dalam 30 tahun terakhir ini pengobatan pencegahan untuk batu ginjal hampir tidak berubah . Biasanya, dokter menyarankan pasien untuk minum banyak air putih dan menghindari makanan yang kaya oksalat, seperti rhubarb dan almond.

“HCA menjanjikan terapi potensial untuk mencegah batu ginjal. HCA juga lebih mungkin disukai sebagai terapi lebih kalium sitrat,” kata penulis utama studi, Dr Jeffrey Rimer, dari University of Houston. Seperti yang dilansir dari Dailymail, Kamis (11/8/2016). (hel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here