Published On: Sab, Jul 29th, 2017

Begini Cara Memasak Susu Sapi Murni yang Baik Dirumah

Jalaon.comSusu sapi bisa dijadikan minuman wajib setiap pagi hari karena susu sapi murni memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Namun, anda perlu berhati – hati ketika hendak membeli susu sapi karena seringkali ditemukan susu sapi yang sudah dicampur dengan bahan yang lain, santan misalnya. Jadi ada baiknya anda membeli susu perah mentah dari peternak dan kemudian memasaknya sendiri dirumah.

Memasak susu sapi ini disebut dengan proses pasteurisasi dimana susu sapi akan dipanaskan hingga mencapai susu tertentu untuk menghilangkan bakteri yang ada di dalam susu mentah. Berikut ini cara pasteurisasi susu yang baik dan benar.

Pertama – tama, masak satu panci air hingga mendidih, kemudian tuangkan susu kedalam wadah stainless lalu taruhlah susu tersebut kedalam air yang sudah mendidih tadi dan dalam keadaan kompor masih menyala.

Setelah itu, gunakan termometer untuk mengukut suhu susu sapi yang dimasak, jika suhu susu sudah mencapai 70 ° celcius maka matikan kompor lalu biarkan sekitar 15 – 20 detik.

Tahap yang terakhir, pindahkan susu yang sudah matang kedalam wadah stainless yang sudah disterilkan dengan mengguyur dan mengaduk menggunakan air mendidih sebelumnya, kemudian tutup wadah susu dan letakkan di tempat suhu ruangan. Jika susu sudah tidak panas, susu sapi pun siap diminum.