Begini Caranya Membuat Kopi Tubruk yang Nikmat

Jalaon.comKopi tubruk merupakan kopi ciri khas dari Indonesia sejak jaman dahulu, dimana cara menyeduhnya hanya dengan menuangkan air panas kedalam cangkir yang berisi kopi dan gula.

Kopi tubruk lebih memiliki aroma yang lebih kuat dan rasa yang pahit karena kopi yang digunakan pada umumnya adalah kopi jenis robusta dan dengan proses sangrai yang lama sehingga kopi menjadi gosong.

Sebenarnya, kopi tradisional ini bisa menciptakan rasa yang nikmat dan memanjakan lidah peminum kopi apabila tahu bagaimana caranya menyeduh kopi tubruk yang baik.

Caranya sangat sederhana, yaitu jangan gunakan air mendidih melainkan air panas yang bersuhu maksimal 85 derajat celcius, sebisa mungkin gunakan termometer ketika memasak air agar bisa menentukan suhu air yang diinginkan.

Kemudian tuangkan bubuk kopi kedalam cangkir dan jangan terlebih dahulu dicampurkan dengan gula, lalu tuangkan air panas dengan suhu 85 derajat, aduk perlahan kemudian diamkan sejenak selama kurang lebih dua menit.

Tujuan langkah ini adalah agar ekstraksi bubuk kopi bisa maksimal ketika bertemu dengan air panas, Setelah kopi terekstraksi secara maksimal kemudian campurkan gula dengan takaran sesuai dengan selera dan kopi tubruk nikmat siap untuk disajikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here