Published On: Jum, Agu 19th, 2016

Benarkah Roti Bakar Picu Kanker?

Roti bakar adalah makanan lezat yang menjadi favorit kebanyakan orang, yang sangat cocok dinikmati saat santai bersama kolega atau keluarga. Tapi hati-hati, jangan sampai memanggang roti hingga gosong karena hal ini dapat memicu kanker.

Seperti ditulis ABC, Rabu (17/8/2016), menurut Chief Scientist of Food Standards Australia and New Zealand, Dr Paul Brent, zat ini ditemukan dalam makanan bertepung seperti kentang (dan produk kentang lainnya) yang dipanggang, dan tentu saja juga roti panggang.

“Kadar akrilamida (acrylamide) meningkat karena suhu memasak yang tinggi. Badan Pengawas makanan Australia dan Selandia Baru (FSANZ) pada 2004 menemukan, roti putih yang dipanggang memiliki lebih banyak akrilamida dibanding dengan jenis roti lainnya,” ujar Dr. Paul Brent

Namun belum ditemukan korelasinya dengan risiko kanker. “Tidak ada bukti yang menghubungkan paparan akrilamida dengan kejadian kanker yang meningkat, tetapi ada beberapa bukti pada hewan.”

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2015 juga mengulas dari data yang tersedia, menyimpulkan bahwa akrilamida dalam makanan tersebut tidak berhubungan dengan risiko kanker. Meskipun Badan Pengawasan Makanan Inggris (FSA) menemukan adanya sejumlah dari akrilamida, zat penyebab kanker terdapat pada roti gosong. Tentu yang dimaksud ini juga termasuk roti bakar.

Saran yang paling aman adalah, masak atau pangganglah roti hingga berwarna kekuningan, dan jangan sampai berubah warna menjadi kecoklatan atau bahkan hitam (gosong).