Benarkah Sering Sikat Gigi Justru Bikin Gigi Jadi Mudah Rapuh?

 

Gigi tidak hanya memiliki fungsi untuk mengunyah makanan tapi juga memiliki fungsi ekstetika yang menunjang kecantikan. Karenanya, sangat perlu untuk menjaga kebersihan dan kesehatannya. Jangan sampai gigi rusak akibat kurang dijaga kebersihannya.

Namun sebuah penelitian yang dilansir dari boldsky.com mengungkapkan bahwa terlalu sering menyikat gigi atau menyikat dengan cara yang salah justru bisa membuat gigimu rapuh lho!

“Gigi memiliki lapisan yang disebut dengan enamel. Lapisan ini berfungsi untuk melindungi gigimu dari segala macam hal yang berpotensi menyebabkan kerusakan seperti konsumsi makanan atau minuman dengan suhu yang terlalu panas atau dingin. Menyikatnya terlalu keras dan sering bisa membuat lapisan enamel menipis. Akibatnya gigi jadi rapuh dan sensitif. Tak jarang gigi akan mudah berlubang serta gusi berdarah,” terang penelitian ini.

“Untuk mencegah agar anda tidak sampai mengalami kerapuhan gigi, pastikan anda menyikat gigi dengan lembut. Perhatikan gerakan menyikat gigi dengan cara melingkar. Serta gunakan pasta gigi yang tidak terlalu banyak mengandung detergen keras yang bisa mempertipis enamel gigi.” Tambahan dari penelitian tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here