Berapa Kebutuhan Kalori Anda Setiap Hari Agar Tubuh Tetap Ideal?

d

Jalaon.com – Tubuh manusia memerlukan kecukupan kalori setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan yang digunakan untuk aktivitas agar tubuh tetap dalam keadaan berenergi.

Namun, kalori ini juga harus sesuai dengan kebutuhan tubuh, tidak berlebihan dan tidak boleh juga kekurangan. Jika kelebihan kalori, maka tubuh anda akan menjadi kegemukan. Begitu juga sebaliknya, apabila tubuh anda kekurangan asupan kalori, maka tubuh anda akan menjadi kurus.

Maka tak heran banyak diluar sana baik pria maupun wanita yang mengalami kegemukan dan berusaha menurunkan berat badan dengan cara mengurangi porsi makan. Namun hasilnya adalah nihil, kenapa? karena jumlah kalorinya tidak terkontrol.

Apabila anda makan dengan porsi yang sedikit, namun kandungan kalori dari makanan yang anda makan melebihi dari kebutuhan normal sehari – hari, maka tubuh anda tetap akan menjadi gemuk.

Begitu juga sebaliknya, apabila anda sudah menambah porsi makan anda, namun anda tidak juga mengalami kenaikan berat badan, bisa jadi makanan yang anda makan tidak memenuhi kalori yang dibutuhkan oleh tubuh.

Lantas, berapakah idealnya mengkonsumsi kalori perharinya? tentu setiap orang akan berbeda – beda kebutuhan kalori dalam tubuhnya. Hal ini tergantung dari jenis kelamin, usia, berat badan dan juga aktivitas.

Di Indonesia mempunyai tabel standart penghitungan jumlah kalori ideal berdasarkan jenis kelamin, usia dan aktifitas. Berikut di bawah ini tabel perhitungannya.

1. Bayi berusia 7-11 bulan dengan berat badan 9 kg dan tinggi badan 71 cm membutuhkan energi 725 kkal per hari.

2. Laki-laki berusia 19-29 tahun dengan berat badan 60 kg dan tinggi 168 cm membutuhkan energi 2725 kkal per hari.

3. Wanita berusia 19-29 tahun dengan berat badan 54 kg dan tinggi 159 cm membutuhkan energi 2250 kkal per hari.

4. Laki-laki berusia lebih dari 80 tahun membutuhkan energi sebesar 1525 kkal dan wanita pada usia yang sama membutuhkan energi 1425 kkal per hari.

5. Bagi wanita hamil, dibutuhkan tambahan energi sebesar 180-300 kkal per harinya, tergantung pada usia trimester kehamilannya. Begitu juga dengan ibu menyusui, pada 6 bulan pertama dibutuhkan tambahan energi hingga 330 kkal dan tambahan 400 kkal pada 6 bulan berikutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here