Published On: Rab, Mei 16th, 2018

Berbagai Makanan Yang Mengandung Osteoporosis

Jalaon.com – Osteoporis merupakan salah satu penyakit tulang yang pada umumnya dialami oleh para manula dan orang dewasa. Ya,biasanya banyak sekali orang-orang yang mengalami penyakit tulang ini. Biasanya karena faktor usia adalah penyebab penyakit satu ini. Salah satu cara untuk mencegah penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium. Pertanyaannya adalah, apa saja makanan yang mengandung kalsium itu?

Sebelum Anda menjawabnya harus dipahami bahwa penyebab penyakit, osteoporosis atau kerapuhan tulang / tulang pengeroposan adalah karena berkurangnya massa tulang karena kekurangan atau tidak optimalnya pemanfaatan kalsium oleh tubuh. Jadi tulang menjadi kurang padat, rapuh, dan mudah pecah. Tulang pengeroposan itu terutama terjadi pada tulang belakang, pinggul dan pergelangan tangan.

Sekitar 80 persen penyakit osteoporosis timbul karena faktor genetik atau keturunan. Sedangkan sisanya 20 persen disebabkan pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Itu semua agar kita terhindar dari penyakit osteoporosis.

Penyakit osteoporosis sering disebut sebagai silent killer. Penyakit ini adalah pembunuh nomor tiga setelah jantung dan kanker. Osteoporosis bukan penyakit langka, rasanya seperti demam yang bisa menyerang siapa saja. Hmm, ya yang menyeramkan …

Cara sederhana untuk menghindari penyakit osteoporosis adalah dengan memaksimalkan pembentukan massa tulang saat usia muda. Cukup atau apakah asupan kalsium pada usia anak-anak dan remaja, mungkin menjadi pertanda bagi seseorang apakah di masa depan saat senior ia memiliki daya tahan atau rentan terhadap penyakit osteoporosis itu.

Untuk itu, bagi remaja yang sedang tumbuh (usia 11 – 24 tahun) sangat dianjurkan mengonsumsi kalsium 1200 miligram per hari. Selain itu kebiasaan minum susu dan sumber kalsium lainnya perlu terus dipelihara sampai dewasa.

MAKAN MAKAN YANG MENGANDUNG KALSIUM

Mineral terbesar yang dibutuhkan oleh tubuh adalah kalsium, yaitu sekitar 2,2 persen botol tubuh orang dewasa. Kalsium dan fosfor secara bersamaan sangat berperan penting dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang dan gigi. Lebih dari 99 persen kalsium tubuh ada di tulang dan gigi. Itulah sebabnya kalsium dibutuhkan untuk perkembangan bayi dan anak.

Yang lainnya adalah memulihkan tekanan darah bermanfaat kalsium pada penderita peka garam, mengurangi kejang pada kaki, terutama pada wanita yang sedang hamil. Selain itu, menjaga kestabilan tekanan darah selama kehamilan, sekaligus membantu membekukan darah dan menyembuhkan luka.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi pada anak-anak seperti menabung kalsium. Jadi kita memiliki banyak cadangan kalsium yang sangat berharga untuk pembentukan massa tulang yang lebih baik di masa dewasa. Meningkatkan massa tulang yang baik, sangat penting agar tulang tidak mudah patah pada orang tua.

Sebaliknya, konsumsi kalsium minimal pada masa pertumbuhan akan mengakibatkan tulang menjadi lemah dan rapuh seiring bertambahnya usia, terutama pada wanita yang sedang menopause. Kelainan tersebut dikenal sebagai keropos tulang pada post menopause (post menopauseal osteoporosis).

Cara menghindari penyakit osteoporosis adalah memaksimalkan pembentukan massa tulang pada masa remaja dengan konsumsi kalsium yang cukup, olahraga teratur, dan mengubah dietnya. Kalsium kebutuhan per hari sebanyak mungkin diisi dari mutunya makanan enak, yang mudah dicerna, diserap, dan digunakan oleh tubuh.

Bahan makanan yang banyak mengandung kalsium adalah susu, biji-bijian, kacang-kacangan, kelapa, sayuran berdaun hijau, rumput laut, ikan (terutama ikan kecil yang dimakan bersama dengan tulang, seperti ikan teri), dan buah-buahan.

MAKANAN UNTUK PENDERITA OSTEOPOROSIS

Berikut adalah beberapa makanan yang mengandung kalsium tinggi untuk penderita osteoporosis:

Ikan: ikan teri kering, anchovy segar, rebon basah, sarden kalengan, makarel

Sayuran: daun pepaya, daun talas, sawi atau brokoli, caisim

Kacang-kacangan dan hasil bensin: susu kedelai, tempe, tahu, kacang hijau kering, kacang merah kering

MAKANAN DIPANTANG DENGAN PENDERITA OSTEOPOROSIS

Makanan yang sebaiknya dilarang atau dipantang oleh penderita osteoporosis adalah makanan atau minuman yang bisa menghambat penyerapan kalsium seperti minuman berkafein (teh atau kopi) atau kalsium yang bisa melempar makanan seperti daging merah. Begitu pula dengan kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol.

Beberapa obat tertentu juga bisa menghambat penyerapan kalsium. Saat dipaksa mengkonsumsi obat jenis ini, maka konsumsi kalsium harus ditingkatkan. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan lebih banyak informasi tentang masalah ini secara lebih rinci.

Osteoporosis adalah penyakit penyakit mematikan yang perlu diwaspadai. Dengan memperhatikan makanan yang sangat cocok untuk penderita osteoporosis dan menerapkan gaya hidup sehat, diharapkan kita bisa menghadapi dan menangkal penyakit ini sebelum terlambat.