Berkunjung ke Candi Prambanan, Obama Teringat Masa Kecilnya

Jalaon.com – Setelah berlibur ke Bali, mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama langsung bertolak ke Kora Yogyakarta untuk mengunjungi beberapa tempat, salah satunya yaitu Candi Prambanan.

Saat Obama beserta keluarga mengunjungi Candi Prambanan, ia mengaku teringat masa kecilnya dahulu pernah bermain di tempat tersebut, saat itu ia masih berusia sekitar 10 tahun.

“Saya dulu waktu ke Prambanan seusia anak itu, bilang gitu sambil menunjuk seorang anak kecil yang diperkirakan seusia dengannya saat berwisata ke Candi Prambanan dulu,” ujar Manggarsari, pemandu wisata yang mengantarkan Obama, Kamis (29/6/2017).

Obama mengaku saat terakhir ia mengunjungi Candi Prambanan tidaklah sebagus kondisi saat ini, melainkan masih hanya berupa tumpukan batu yang kurang rapi.

” Obama sempat bilang kondisinya belum seperti ini. Saat itu Candi Prambanan masih berupa tumpukan dan serakan batu-batu,” katanya.

Saat memasuki Candi Siwa, Obama teringat akan kisah kera putih atau Anoman yang sudah didengarnya saat ia masih kecil, ia pun semakin mengerti setelah sang pemandu menceritakan kembali kisahnya.

“Saat masuk ke Candi Siwa dan melihat relief Ramayana di adegan pasukan kera sedang membangun jembatan, Obama sempat bertanya apakah itu Anoman atau bukan. Saya bilang itu bukan Anoman. Anoman masih di sana (bagian lain relief). Kemudian saat tiba di relief Anoman yang sedang membakar kerajaan Alengka, saya tunjukkan pada Obama,” ia menjelaskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here