Published On: Sel, Mar 21st, 2017

Bikin Kopi Nikmat Ala Orang Vietnam

d

Jalaon.com – Untuk membuat secangkir kopi ternyata tidak hanya dengan cara diseduh dengan air panas biasa seperti pada umumnya di Indonesia. Namun, jika anda sering mampir di kedai kopi, maka akan banyak anda temukan berbagai macam cara penyeduhan kopi, termasuk menyeduh kopi ala orang Vietnam.

Selain cara penyeduhan yang tergolong unik, kopi ala vietnam ini akan mengeluarkan cita rasa yang berbeda dengan kopi yang dibuat hanya dengan menuang air panas kedalam gelas yang sudah terdapat kopi bubuknya.

Rasa kopi jika diseduh dengan cara ala vietnam ini akan lebih terasa pahit, pekat dan sedikit bertekstur kental. Maka dari itu orang vietnam biasa meminum kopi yang dicampur dengan susu kental manis. Mau coba? begini teknik penyeduhan kopi ala vietnam.

 

Bahan :

1. Kopi bubuk

2. Susu kental manis

3. Air panas bersuhu 92 – 96 derajat celcius

 

Peralatan :

1. Vietnam dripper

2. Sendok teh

3. Teko leher angsa

4. Cangkir kopi

 

Cara membuatnya :

1. Siapkan cangkir kopi, kemudian tuangkan 2 sdt susu kental manis

2. Letakkan Vietnam Dripper di atas cangkir

3. Buka penutup Vietnam Dripper, kemudian tuangkan 8 – 10 gram kopi bubuk jenis Robusta, setelah itu tutup kembali dan ratakan kopi dengan tutup vietnam drip tersebut.

4. Panaskan air mineral hingga suhu 92 – 96 derajat sebanyak 150 ml, jangan melebihi dari suhu tersebut, karena akan merusak cita rasa kopi.

5. Tuangkan air panas tersebut secara perlahan ke dalam vietnam drip yang sudah diisi dengan kopi bubuk hingga penuh menggunakan teko leher angsa.

6. Silahkan tunggu beberapa menit sampai kopi menetes seluruhnya kedalam cangkir.

7. Kemudian aduklah hingga kopi dan susu kental manis tercampur dengan rata.

8. Kopi ala Vietnam siap dinikmati.