Bolehkah Penderita Wasir Konsumsi Kopi Setiap Hari?

Jalaon.com – Bagi pengidap wasir atau ambeien tentunya kerapkali merasakan ketidaknyamanan saat rasa sakit itu kambuh dan keluar darah yang mengucur dari anus saat buang air besar.

Wasir pada umumnya disebabkan oleh kebiasaan pola makan yang buruk dan kekurangan asupan serat yang bisa berdampak kepada sembelit atau susah buang air besar. Selain itu bisa juga disebabkan karena kebiasaan duduk terlalu lama dan kurang minum air putih.

Selain penyebab diatas ada hal lain yang ternyata bisa memperburuk penderita wasir yaitu mengkonsumsi kafein terlalu banyak. Kafein sendiri bisa didapat dari meminum kopi, teh, minuman bersoda ataupun cokelat.

Oleh karena itu sangat disarankan agar penderita wasir mengurangi konsumsi kopi setiap harinya dan juga minuman lain yang mengandung kafein tinggi agar terhindar dari kambuhnya wasir.

Mengutip laman Livestrong, kandungan kafein pada minuman kopi dan lainnya diketahui bisa memperlambat proses pencernaan, dengan begitu sembelit akan terjadi dan susah buang air besar yang kemudian kondisi wasir pun semakin parah.

Seorang peneliti dari University of Maryland Medical Center juga menyarankan agar penderita wasir bisa mengurangi konsumsi kafein dan memperbanyak konsumsi air putih setiap hari dipercaya bisa meringankan penyakit wasir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here