Published On: Sel, Agu 1st, 2017

Bos Telegram Temui Menkominfo Hari Ini

Jalaon.com – Menteri Kominfo Rudiantara hari ini, Selasa 01 Agustus pukul 13.30 WIB telah dijadwalkan untuk bertemu dengan Chief Executive Officer (CEO) Telegram, Pavel Durov di Medan Merdeka Barat, Jakarta. Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Noor Iza juga telah membenarkan kabar pertemuan tersebut.

“Mr Durov berkunjung ke Kemkominfo pukul 13.30 WIB. Tidak ada konferensi pers khusus,” kata Noor Iza dalam pesan singkat.

Namun, Noor Iza enggan untuk membeberkan tujuan CEO telegram tersebut menemui Rudiantara, walaupun begitu hal ini sangat kuat dihubungkan dengan menindaklanjuti terkait keputusan pemerintah yang telah memblokir beberapa domain dalam situs telegram di Indonesia.

Seperti yang telah pemerintah umumkan kepada publik beberapa waktu yang lalu, bahwa pemerintah telah membuat keputusan untuk memblokir situs telegram karena dinilai kerap dijadikan sarana komunikasi dan sharing bagi sesama teroris.

Sebelum memblokir, pemerintah sempat memberikan pesan khusus kepada pihak telegram untuk membatasi fasilitas dan juga memberikan hak akses kepada pemerintah guna untuk bisa melacak pembicaraan dan jejak aksi teroris di telegram.

Namun karena tidak ada tanggapan dan itikad baik dari pihak telegram, akhirnya pemerintah memutuskan untuk memblokir 11 domain situs telegram di Indonesia dengan alasan menjaga keamanan negara dan menghindari aksi teroris.