Published On: Sen, Agu 28th, 2017

BPOM Menyatakan Nasi Bulat Tidak Mengandung Sintetis

Jalaon.com – Setelah viralnya video wanita pembuat nasi bulat berbentuk menyerupai bola yang diduga dari sebuah rumah makan yang berada di Jakarta Pusat, banyak yang menyebut bahwa nasi tersebut dibuat dari beras yang dioplos dengan sintetis.

Dugaan tersebut muncul karena nasi bulat tersebut memiliki tekstur yang tidak lengket jika disentuh dan dapat memantul layaknya bola karet apabila dihentakkan dimeja.

Sementara itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menelusuri rumah makan pembuat nasi bulat tersebut kemudian melalukan pemeriksaan terhadap nasi tersebut.

Dari hasil pemeriksaan tersebut BPOM menyatakan bahwa nasi tersebut tidak mengandung beras sintetis, klarifikasi ini sudah diumumkan sejak 24 Agustus 2017 lalu.

Sementara mengenai tekstur yang tidak lengket BPOM menjelaskan bahwa hal ini dapat dipengaruhi oleh komposisi komponen penyusun pati dalam butir beras, yaitu amilosa dan amilopektin.

Semakin rendah kandungan amilopektin dalam beras, maka tekstur beras akan lebih tidak lengket dibandingkan dengan amilopektin yang tinggi.