Published On: Sel, Agu 23rd, 2016

Browsing Internet Pakai Microsoft Edge Bisa Dapat “Upah”

Jalaon.com – Persaingan aplikasi web browser untuk perangkat komputer dan mobile semakin memanas. Pihak developer tak hanya menawarkan fitur atraktif nan canggih, namun bonus menggiurkan berupa “upah”. Inilah salah satu taktik Microsoft menggaet user baru agar mau mencicipi layanan Edge, sebuah aplikasi browser untuk menggoyang dominasi kuat Google Chrome, Mozilla Firefox and Opera.

Microsoft berani mengklaim Edge dapat bertahan lebih lama dibandingkan aplikasi sejenis, malahan hemat daya baterai hingga 36-53 persen. Pengguna bisa melakukan beragam aktifitas dunia maya seperti streaming video YouTube, browsing atau habiskan waktu seru bersama teman di sosial media.

Pengambilan upah ditangani langsung oleh Microsoft Rewards, sebuah layanan baru diresmikan awal minggu ini yang merupakan hasil rebranding Bing Rewards. Upah berupa poin yang bisa dibelanjakan via Microsoft store. Dilansir laman Gizbot, Senin (22/08/2016), layanan itu hanya tersedia bagi user Edge dan Bing yang menetap di Amerika Serikat.

Bagaimana cara memperoleh point dari Bing? Mudah sekali, cukup jadikan layanan mesin pencari buatan Microsoft ke posisi default search engine pada aplikasi web browser. Dalam hal ini user bisa menggunakan Edge untuk menerima lebih banyak poin untuk dibelanjakan.

Poin nantinya bisa ditukar dalam bentuk kredit atau vocer ke sejumlah toko seperti Amazon, Starbucks atau layanan Skype dan Outlook bebas layanan iklan.

“Hampir kuarter ketiga user Windows 10 tidak memakai layanan Edge,” ucap perwakilan Microsoft.

Sebelum meluncurkan produk baru ke pasaran, sebelumnya Microsoft sempat menguasai kategori aplikasi web browser melalui Internet Explorer (IE) yang kini diklaim sebagai nenek moyang Edge.

Selama beberapa dekade terakhir, Microsoft melihat adanya penurunan dratis jumlah user Internet Explorer. Mereka justru nyaman menjelajahi dunia maya dengan aplikasi sejenis seperti Firefox, Chrome dan Opera. Lambat tapi pasti, IE kehilangan popularitas dan semakin tersisih dengan kehadiran beragam aplikasi web browser independen.

Edge sengaja diluncurkan Microsoft untuk mengambil kembali mahkota kerajaan yang hilang dari pangkuan. Memberi “upah” kepada user merupakan langkah serius untuk mengalahkan pesaing lain.