Published On: Sel, Agu 23rd, 2016

Burlinskoye, Danau Unik Air Berwarna Pink. Kok Bisa?

Jalaon.com – Bicara soal keindahan danau, Indonesia punya banyak koleksi mengagumkan yang membentang luas dari Sabang hingga Marauke. Namun melihat dari sisi keunikan mungkin tak mampu menyamai Burlinskoye. Danau terletak di Altai, Siberia, itu menyimpan pemandangan indah yang memanjakan mata. Akan tetapi setiap memasuki bulan Agustus warna air berubah drastis.

Burlinskoye bukan sembarang danau pada umumnya, sebab warna air otomatis berubah jadi pink atau merah muda selama bulan Agustus. Mengapa itu terjadi? Artemia salina adalah biang kerok dibalik fenomena langka tersebut. Udang air asin warna pink dengan 3 mata dan 11 kaki -masuk kategori mikro organisme- akan memenuhi semua permukaan air danau, mengakibatkan warna danau yang semula biru menjadi pink.

Dilansir laman Metro, Senin (22/08/2016), dalam beberapa tahun terakhir perubahan warna air danau bisa terjadi lebih cepat akibat pergantian iklim dan peningkatan temperatur. Sebenarnya Lake Burlinskoye bukan satu-satunya danau berwarna pink, masih ada satu lagi di Meksiko dengan pemandangan indah dan iklim hangat sepanjang tahun. Sedangkan Burlinskoye akan terasa panas di musim panas, begitu pula sebaliknya.

Apakah aman mencicipi air danau pink? Boleh saja, namun jangan kaget jika rasanya asin. Burlinskoye termasuk salah satu danau asin di dunia, bahkan menyimpan deposit garam terbesar di Siberia Barat. Saking indahnya suguhan pemandangan, dahulu keluarga kerajaan Rusia rela menempuh perjalanan jauh untuk datang berkunjung dan habiskan beberapa malam di sini.

Mereka ingin melihat langsung fenomena unik perubahan warna air danau dari biru menjadi pink. Sebelum dan sesudah fase pink yang biasanya terjadi di bulan Agustus, air danau Burlinskoye tampak biru saat cuaca cerah dan kelabu saat mendung.

Coba datang dan lihat langsung keunikan plus keindahan Burlinskoye. Di sana juga terdapat rel kereta tak terpakai yang membelah sisi lain danau. Meski bukan satu-satunya danau pink di dunia, terasa belum lengkap jika tak mengunjunginya. Disarankan datang sebelum memasuki bulan Agustus agar bisa menyaksikan langsung proses perubahan warna air danau.