Published On: Sab, Agu 13th, 2016

Ini Cara Menangkal Efek Buruk Duduk Terlalu Lama

Seperti yang kita ketahui, duduk teralalu lama akan berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh, dan juga rentan terkena penyakit. Namun, jika anda adalah pekerja yang mengharuskan anda duduk dalam waktu yang lama anda sangat disarankan untuk rutin berolah raga atau setidaknya meregangkan badan sesekali saat bekerja.

Jika pada tahun-tahun sebelumnya para peneliti mengimbau agar berolahraga selama 30 menit sampai satu jam per hari setelah duduk terlalu lama, kini hasil dari penelitian terbaru telah ditemukan.

Salah seorang peneliti dari London, Inggris, Thomas Yates mengatakan, bahwa penelitian ini menggunakan data dari Survei Kesehatan 2008 untuk melihat sampel yang representatif dari orang dewasa. Mereka terlebih dahulu dibagi menjadi tiga kelompok.

Kelompok yang pertama beraktifitas dengan waktu duduk yang cukup lama, kelompok kedua secara fisik tidak aktif tapi tidak selalu menetap, dan kelompok ketiga tidak aktif secara fisik dan selalu menetap di kursi.

Seperti dikutip dari Times of India, Selasa (12/4/2016) Thomas Yates menemukan, orang dewasa yang terlibat setidaknya 150 menit dari / sedang hingga aktivitas fisik yang kuat selama seminggu, termasuk senam, lebih memperoleh keuntungan dibanding kelompok terakhir.

Dengan saran untuk aktif secara fisik, jelas Thomas, dapat mengimbangi beberapa risiko kerusakan di tubuh akibat perilaku menetap. Penelitian ini menekankan pentingnya aktivitas fisik untuk kesehatan.