Cara Menghilangkan Duri Di Tenggorokan Dengan Aman

Jalaon.com – duri merupakan salah satu bagian yang terdapat pada ikan atau makanan yang berduri. Biasanya saat makan kita bisa sulit menelan duri dan membuat tenggorokan menjadi sakit. Bisa terjadi tenggorokan yang sakit hingga sampai operasi jika tidak kuat. Beberapa cara menghilangkan duri di tenggorokan pun dicari. Lewat artikel ini kami akan memberikan tips nya untuk anda.

Cara Menghilangkan Duri

Jangan Mengambil Duri Dengan Tangan
Memang saat duri menancap di tenggorokan karena tertelan, tulang ikan tersebut harus dihilangkan bagaimana pun caranya. Namun hal yang perlu diingat adalah jangan pernah mencoba mengambil ikan dengan tangan. Hal ini dikarenakan mengambil duri dengan tangan justru beresiko cedera kerongkongan bahkan bisa terjadi infeksi. Terlebih tangan juga tidak terjamin kebersihannya di samping keamanannya.

Minum Air Garam
Cara menghilangkan duri di tenggorokan berikutnya yaitu menggunakan air hangat yang dicampur garam. Biasanya jika duri yang tertelan kecil, maka ia akan langsung terbawa air garam ke saluran pencernaan. Untuk cara menggunakannya yaitu dengan mencampur air hangat dan garam lalu menggunakannya untuk berkumur seraya sedikit menelan di pangkal tenggorokan. Dengan cara ini biasanya duri ikan akan lepas dari tenggorokan.

Batuk
Cara mudah berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mencoba batuk. Dengan refluk batuk yang dilakukan terkadang juga bisa membantu seseorang untuk membuat duri ikan keluar dari tenggorokan yang menjebaknya saat tidak sengaja tertelan.

• Menelan Sekepal Nasi Tanpa Dikunyah
Menelan sekepal nasi tanpa mengunyahnya terlebih dahulu. Cara ini sebenarnya sudah cukup umum dikenal dan dilakukan oleh masyarakat.

Caranya dengan mengambil nasi lalu membentuknya bulat di kepalan tangan dan langsung menelannya. Bisa juga dilanjutkan dengan minum air untuk mendorong nasi tersebut masuk ke saluran pencernaan. Namun perlu diketahui bahwa sebaiknya kepalan nasi yang dibuat janganlah terlalu besar. Hal ini dikarenakan beresiko membuat tersedak.

Memakan Pisang
Selain nasi, untuk mendorong duri masuk ke saluran pencernaan bisa juga menggunakan buah pisang. Caranya pun sama yaitu mengambil potongan buah pisang yang cukup besar dan tanpa mengunyahnya langsung menelan pisang tersebut.

Buah pisang yang teksturnya lengket terkadang bisa membuat duri ikut terbawa ke saluran pencernaan dan menghilang dari tenggorokan. Agar lebih mudah dan terhindar dari tersedak bisa juga dengan menyediakan air minum yang akan digunakan setelah menelan pisang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here