Dipaksa Turun, Penumpang Pesawat Ini Dapat Kompensasi Rp 146 Juta

00157655

Jalaon.com – Menurunkan penumpang memang menjadi hak maskapai penerbangan apalagi jika dirasa pesawat telah kelebihan beban, ada awak pesawat yang harus segera bekerja atau ada petugas berwajib yang harus segera bertugas.

Setelah diturunkan, maskapai akan memberikan kompensasi kepada penumpang, mulai dari tiket penerbangan selanjutnya sampai voucher menarik. Dilansir dari Travel and Leisure, pengalaman itu pernah dirasakan oleh penumpang maskapai Delta Airlines.

Dikutip wowkeren Dari pengalaman menyebalkan itu, sang penumpang yang bernama Laura Begley Bloom malah mendapat keuntungan sebesar USD 11 ribu atau sekitar Rp 146 juta. Awalnya Laura bersama keluarganya ingin menumpang Delta Airlines untuk penerbangan dari New York ke Florida pada Jumat (7/4).

Mereka membeli tiket seharga USD 650 atau sekitar Rp 8,6 juta perorang. Ternyata pesawat kelebihan penumpang sehingga keluarga Laura harus diturunkan bersama belasan penumpang lainnya. Delta Airlines membuat pengumuman kalau penumpang yang diturunkan akan mendapat kompensasi sebesar USD 900 atau sekitar Rp 11,9 juta perorang.

Mendengar hal itu, suami Laura langsung menghubungi pihak penjualan tiket. Dia mengatakan kalau mereka baru mau diturunkan jika diberi kompensasi sebesar USD 1.500 atau sekitar Rp 19,9 juta perorang.

Setelah bernegoisasi, pihak penjualan tiket lalu menawarkan keluarga Laura kompensasi sebesar USD 1.350 atau sekitar Rp 17,9 juta perorang yang disebut sebagai batas maksimal nilai kompensasi sesuai hukum yang berlaku di Amerika Serikat.

Keesokan harinya, ketika datang ke bandara ternyata keluarga Laura kembali mendapat pembatalan penerbangan. Dari pembatalan kedua itu, mereka mendapat kompensasi sebesar USD 1.300 atau sekitar Rp 17,2 juta perorang. “Saya langsung melirik suami saya dan tersenyum,” kata Laura. “Mereka juga memberikan kami kompensasi untuk makan siang dan uang taksi per orang,” lanjutnya.

Pihak penjualan tiket masih berusaha untuk memesankan tiket untuk keluarga Laura namun Laura mendengar dari penumpang lain kalau pesawat masih penuh hingga Selasa (11/4). Keluarga Laura pun mengajukan penundaan penerbangan hingga mereka tak lagi mendapat pembatalan.

Delta Airlines kembali memberikan mereka kompensasi atas keputusan tersebut. Dari tiga pembatalan tersebut, secara total keluarga Laura mendapatkan kompensasi sebesar USD 11 ribu atau sekitar Rp 146 juta beserta voucher menarik lainnya.

Dalam aturan Departemen Transportasi AS, maskapai harus membuat perkiraan mengenai penumpang yang bisa diturunkan. Orang tua dengan anak bayi, manula dan penyandang cacat merupakan penumpang yang menjadi pilihan terakhir untuk diturunkan.

Jika  tak ada penumpang yang mau diturunkan, maskapai berhak untuk memaksa penumpang yang dipilihnya untuk turun. Dari data Departemen Transportasi AS, sepanjang 2015 sebanyak 46 ribu penumpang pesawat telah diturunkan secara paksa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here