Published On: Ming, Jun 4th, 2017

Ditahan Sepuluh Jam Di Bandara Changi Singapura, Ustad Solmed Curhat

photo_2016-02-25_19-26-00-34

Jalaon.com – Ustadz kondang Solmed yang bernama asli Sholeh Mahmoed Nasution ini tadi malam lalu tanggal 03/06/2017 ditahan di Bandara Changi, Singapura. Namun Solmed mengaku tak mengerti apa alasan pihak Bandara Changi menahan dirinya.

Awalnya Solmed menceritakan kejadian tersebut dengan rekannya bernama Yuga Aben melalui pesan aplikasi Whatsapp Sabtu (3/6). Menurutnya pihak Bandara Changi mengerti bahwa dirinya adalah ustaz dan akan menjadi pembicara dalam salah satu acara di negara tersebut. Namun apa penyebab dirinya ditahan masih belum jelas.
“Saya merasa diperlakukan dengan semena-mena dan zholim, saya kehilangan hak kemanusiaan saya tanpa saya ketahui apa salah saya,” kata Solmed.

Solmed mengaku ditahan sejak pukul 09.00 WIB. Paspor dan ponsel Solmed ditahan, namun pihak keamanan bandara tak menjawab pertanyaan Solmed terkait alasan penahanan terhadap dirinya. Solmed juga mengaku tak diberi kesempatan untuk melaksanakan salat.

Solmed juga mengaku kesulitan menghubungi Kedutaan Indonesia di Singapura. Dia seharusnya sudah pulang ke Indonesia pukul 16.35 WIB namun batal. Solmed akhirnya membeli tiket untuk keberangkatan pukul 17.15 WIB, namun kembali gagal terbang.

Dia akhirnya dipulangkan dengan pesawat pukul 19.50 WIB tanpa penjelasan yang jelas mengenai alasan penahanan. Menurut Solmed, pihak keamanan bandara hanya berkata bahwa dirinya clear alias bersih.

“Mereka seperti tidak punya rasa sungkan pada Indonesia, mereka seenaknya memperlakukan WNI (saya). Lengkap 10 jam menahan tanpa alasan,” katanya.

Seperti dikutip kumparan Dubes RI untuk Singapura Ngurah Swajaya yang dikonfirmasi soal kasus Ustadz Solmed ini hanya menyampaikan kalau yang bersangkutan malam ini sudah di Jakarta.”Yang bersangkutan tidak ditahan dan sudah kembali,”Ungkapnya.