Ditjen Pajak Kemenkeu Segera Luncurkan Platform Kartin1

d

Jalaon.com – Kabarnya Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan akan segera meluncurkan inovasi dari platform terbaru, yaitu Kartu Indonesia Satu alias Kartin1.

Kartin1 ini merupakan kartu yang dapat digunakan untuk berbagai fungsi dan integrasi data. Misalnya saja bisa untuk SIM, Kartu BPJS, NPWP dan Paspor. Hal ini dungkapkan langsung oleh Direktur Transformasi Teknologi Komunikasi dan Informasi Ditjen Pajak, Iwan Guniardi.

“Jadi di kartu itu bisa diterintegrasikan dengan identitas yang lain, tapi bayangan saya sih yang bisa itu NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), Paspor, SIM (Surat Izin Mengemudi), BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehetan,” katanya di Jakarta, Rabu (29/3/2017).

Lebih lanjut Iwan menjelaskan bahwa peluncuran Kartin1 tersebut adalah dalam bentuk aplikasi, dimana prototipe yang sudah di inject dalam kartu tersebut dapat ditampilkan dimana saja.

“Jadi yang kita luncurkan adalah aplikasi Kartin1 saja, platform Kartin1, yang bisa di-inject di mana saja, prototipenya saat ini kita inject di kartunya Bank Mandiri, hanya membuktikan bahwa Ditjen Pajak itu punya aplikasi single identitas dan bisa di-inject di mana saja,”sambung Iwan.

Pihak Ditjen Pajak terlebih dahulu ingin melihat animo masyarakat dan instansi terhadap soft launching Kartin1 tersebut, apabila platform tersebut dapat diterima dengan baik oleh masyarakat maupun instansi, maka platform ini akan resmi diluncurkan.

“Kita lihat respons masyarakat dulu, sambil menunggu instansi lain yang mau. Karena kita lihat dulu animonya dulu,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here