Published On: Sel, Mar 14th, 2017

Efek Buruk Terlalu Banyak Minum Kopi

d

Jalaon.com – Bagi sebagian orang, ritual meminum secangkir kopi adalah hal yang wajib untuk dilakukan setiap harinya. Bahkan tak jarang orang yang kecanduan minuman hitam ini sehingga menghabiskan setidaknya tiga cangkir kopi setiap hari.

Pada dasarnya, meminum kopi juga memiliki manfaat yang baik, seperti dapat membuat tubuh lebih segar dan terhindar dari rasa kantuk yang berlebihan. Selain itu kopi juga berfungsi untuk mengatasi diare, karena sifat dari kandungan kopi yang mampu memperlambat sistem pencernaan.

Namun, jika terlalu banyak meminum kopi setiap harinya, hal ini juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan dapat membahayakan kesehatan. Penting untuk anda ketahui, berikut inilah beberapa dampak buruk dari terlalu banyak meminum kopi.

 

1. Mengurangi kesuburan

Konsumsi kafein berlebihan dapat mempengaruhi kondisi alat reproduksi khusunya untuk wanita, yang menyebabkan penyakit pada tuba falopi dan endometriosis. Penyakit tersebut kemudian memicu ketidaksuburan pada wanita sehingga wanita jadi susah hamil. Selain itu, dokter juga melarang bagi ibu hamil atau menyusui untuk mengkonsumsi kopi.

 

2. Sembelit / susah BAB

Konstipasi atau sembelit merupakan suatu keadaan dimana proses BAB sulit karena keaadaan fecal (feses) yang keras. Hal ini dikarenakan kopi memiliki kandungan yang mampu memperlambat kinerja sistem pencernaan yang tentu sangat berpengaruh jika kopi dikonsumsi secara berlebihan.

 

3. Asam lambung meningkat

Meminum kopi juga dapat menyebabkan asam lambung meningkat, hal ini karena kopi memiliki kandungan dan rasa asam. Terlebih lagi bagi anda yang memiliki penyakit asam lambung, sangat disarankan untuk menghindari minuman ini.

 

4. Kolesterol

Terlalu banyak meminum kopi dapat memicu peningkatan jumlah kolesterol di dalam tubuh, hal ini terjadi karena di setiap biji kopi mengandung lemak dan minyak.