Published On: Jum, Apr 14th, 2017

Erupsi Gunung Sinabung Tidak Keluarkan Awan Panas

d

Jalaon.comGunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara pada Kamis 13 April 2017 kembali aktif dan juga mengeluarkan lava pijar yang menyala di puncak Kawah.

Sementara itu, pada hari Jumat dini hari Gunung Sinabung mengalami erupsi, sehingga kembali mengeluarkan abu vulkanik. Hal ini diungkapkan oleh Staf Pos Pengawasan Sinabung Pusat Vulkanologi dan Mitigas Bencana Geologi (PVMBG) M Nurul Asrori.

Seperti yang dimuat dalam laman Antara, Jumat (14/4/2017), Nurul Asrori mengatakan bahwa dalam erupsi tersebut tidak mengeluarkan awan panas. “Namun dalam erupsi pagi ini, tidak ada luncuran awan panas,” jelas Nurul.

Untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan, maka pihak PVMBG memberikan larangan masuk dalam jarak radius 3 km. Namun untuk tempat – tempat tertentu, zona larangan masuk tersebut diperluas dikarenakan semburan awan panas yang juga mulai meluas.

Berdasarkan laporan yang diterima, erupsi terakhir saat ini mengalami penurunan semburan abu vulkanik yaitu sejauh 800 meter dimana sebelumnya masih dalam ketinggian 1.500 meter.