Published On: Rab, Agu 2nd, 2017

Facebook Segera Resmikan Kantor Perwakilan di Indonesia

Jalaon.com – Beberapa waktu yang lalu Menteri Kominfo Rudiantara sempat menyinggung terkait rencana facebook akan mulai membuka kantor perwakilannya di Indonesia, namun kabar tersebut akan segera terealisasikan.

Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika) Kemenkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan bahwa hari ini Rabu, 02 Juli 2017 perwakilan facebook akan berkunjung ke kantor Kemenkominfo untuk menggelar meeting terkait peresmian kantor perwakilan facebook yang akan terealisasi pada bulan Agustus ini.

“Kami tadi bertemu dengan tim dari Facebook untuk breakfast meeting dengan mereka. Ada beberapa yang kami bicarakan, termasuk rencana pembukaan kantor mereka yang akan diresmikan bulan Agustus ini,” ungkap Semuel saat ditemui di kantor Kemkominfo, Jakarta, Selasa (2/8/2017).

Sebelumnya pemerintah telah menyarankan kepada pihak facebook agar segera membentuk Badan Usaha Tetap (BUT) apabila masih ingin menggali penghasilan di Indonesia, saat ini pun facebook telah memenuhi permintaan pemerintah untuk mengurus BUT.

“Mereka akan buka dalam bentuk PT. Sehingga nanti juga bisa mengurus berbagai hal lain termasuk pajak dan customer service. Semua kegiatan usaha di sini akan ditangani oleh kantor yang ada di sini,” jelasnya.

Sementara itu, Semuel mengatakan bahwa Kominfo mengira facebook akan mendaftarkan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) dalam bidang platform digital sesuai dengan yang telah resmi didaftarkan pada bulan Mei 2017.

“Kita ada KBLI baru mengenai platform digital, saya kira arahnya ke sana. Kan Mei lalu diterbitkan, jadi harus menyesuaikan dengan KBLI itu,” kata Semuel.